Lima fakta menarik lagu "Lathi" Weird Genius

Lima fakta menarik lagu

Lagu "Lathi" karya Weird Genius. (Instagram/@weird.genius)

Jakarta (ANTARA) - Nama grup band Weird Genius menjadi perbincangan hangat setelah merilis lagu baru berjudul "Lathi" pada 26 Maret 2020 lalu.

Lagu tersebut secara perlahan sukses mencuri perhatian penikmat musik hingga menjadi viral di dunia maya. Berikut adalah sejumlah fakta menarik dari lagu karya grup band yang beranggotakan Eka Gustiwana, Reza Arap, dan Gerald Liu tersebut.

Baca juga: Dikaitkan mistis, Weird Genius buka suara soal lagu "Lathi"

Baca juga: Deretan karya musik yang dirilis jelang normal baru


Viral di dunia maya

Sejak dirilis pada bulan Maret lalu, lagu "Lathi" telah ditonton hingga 50 juta lebih penayangan di YouTube. Meskipun pada awalnya banyak yang mengira lagu ini dibuat oleh musisi mancanegara. 

Selain itu, lagu ini viral di dunia maya setelah banyak yang memakainya dalam aplikasi TikTok hingga memunculkan tagar #LathiChallenge.

Salah satu #LathiChallenge yang sukses mencuri perhatian adalah yang dilakukan oleh Jharna Bhagwani. Beauty vlogger itu sukses menampilkan makeup karakter lagu "Lathi" yang diikuti oleh banyak orang.

Makna lagu "Lathi"

Dalam keterangan unggahan video musik di akun YouTube Weird Genius, dijelaskan bahwa Lathi berarti lidah dalam bahasa Jawa atau bisa juga diinterpretasikan dengan ucapan atau tutur kata.

Lagu "Lathi" sendiri bercerita mengenai sebuah hubungan percintaan yang menyakitkan atau dikenal dengan istilah "toxic relationship".

Hal itu digambarkan dalam potongan lirik yang terinspirasi dari pepatah Jawa kuno "Kowe ra iso mlayu saka kesalahan. Ajining diri ana ing lathi", yang berarti "Anda tidak bisa lari dari kesalahan. Harga diri seseorang ada pada lidah (kata-katanya)".

Baca juga: "Where We Wanna Be", debut SARA di kancah musik Indonesia

Baca juga: Kelompok Penerbang Roket rilis lagu baru "Dikejar Setan"


Unsur tradisional

Secara musik, Weird Genius memadukan unsur EDM dengan nuansa tradisional yang dihadirkan dalam tarian, bunyi gamelan dan lirik bahasa Jawa dalam beberapa bagian di lagu "Lathi".

Dalam sebuah video wawancara di akun YouTube Deddy Corbuzier, Weird Genius menjelaskan bahwa ide menuliskan lirik bahas Jawa datang dari Reza Arap.

"Jadi di awal idenya gue sama Gerald bikin draft itu enggak ada nyindennya dan yang push ada nyinden adalah Arap. Waktu itu cuma suara gamelan doang tapi Arap bilang kayaknya gue pengin ada bahasa Jawanya," kata Eka Gustiwana.

"Terus kita nanya, lu serius sepanjang lagu? Terus akhirnya diputuskan sebagian aja," sambungnya

Dikaitkan dengan hal mistis

Hal lain yang menarik dari viralnya lagu "Lathi" karena ada yang mengaitkannya dengan hal mistis.
Sejumlah warganet di dunia maya menduga bahwa lagu "Lathi" sebagai salah satu bentuk pemanggilan setan.

Menanggapi hal itu, Weird Genius pun membantah anggapan tersebut. Walaupun terkejut, namun ketiga personel Weird Genius tak terlalu ambil pusing dengan hal tersebut. Menurut mereka setiap orang berhak membuat interpretasi atas lagu "Lathi".

Sosok Sara Fajira

Selanjutnya yang tak kalah menarik perhatian dari lagu "Lathi" kehadiran sosok Sarah Fajira yang dengan sempurna membawakan lagu tersebut.

Sara Fajira lahir pada tahun 1996. Dia dikenal sebagai seorang penyanyi dan juga rapper asal Surabaya.
Pemilihan Sarah Fajira untuk membawakan lagu "Lathi" karena sebelumnya ia pernah berkolaborasi dengan Eka Gustiwana. Selain itu, Sarah Fajira juga dianggap mampu membawakan lagu berbahasa Jawa.

Baca juga: Menuju debut album, Arkalara rilis single ketiga "Temanku"

Baca juga: "Nasyid Nasihat", lagu baru Snada yang jenaka tapi penuh pesan
Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020