Tambah tiga orang, positif COVID-19 di Sangihe-Sulut naik enam kasus

Tambah tiga orang, positif COVID-19 di Sangihe-Sulut naik enam kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan​​​​​​​ COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut Jopy Thungari . (FOTO ANTARA/Jerusalem Mendalora)

Tahuna, Sulut (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara menyatakan pada Rabu ada tiga tambahan kasus positif COVID-19 di daerah itu sehingga jumlahnya bertambah menjadi enam orang.

"Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sangihe bertambah tiga orang sehingga totalnya menjadi enam kasus, dan satu sudah dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Jopy Thungari di Tahuna, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu malam.

Dia mengatakan penambahan tiga kasus positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap (swab) yang diterima tim Gugus Tugas.

"Hari ini tim Gugus Tugas menerima hasil tes usap pertama dari lima orang, tiga di antaranya dinyatakan positif COVID-19," katanya.

Tiga kasus baru yang diumumkan Gugus Tugas itu terdiri atas pasien 04, adalah pria 38 tahun dari Kecamatan Manganitu, pasien 05 adalah pria 21 tahun asal Kecamatan Tabukan Tengah dan pasien 06 pria 29 tahun berasal dari Kecamatan Manganitu.

"Tiga pasien positif COVID-19 ini adalah pelaku perjalanan Tahuna-Manado sebagai anak buah kapal (ABK), tim Gugus Tugas segera menindaklanjuti tambahan kasus ini dengan melaksanakan tes cepat kepada mereka yang telah melakukan kontak dengan tiga pasien ini," katanya.

Sedangkan dua hasil tes usap lainnya masing-masing perempuan 28 tahun asal Tahuna Barat dan perempuan 18 tahun dari Manganitu, keduanya negatif.

"Tiga orang yang dinyatakan positif COVID-19 saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Liung Kendage Tahuna," katanya.

Dia berharap masyarakat Sangihe tetap mematuhi anjuran pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami berharap semua masyarakat tetap tenang dan mematuhi anjuran pemerintah agar terhindar dari COVID-19," demikian Jopy Thungari.

Baca juga: Dinkes sebut seorang warga Kepulauan Sangihe positif COVID-19

Baca juga: Tambahan baru 18, warga Sulut positif terjangkit COVID-19 naik 545

Baca juga: Cegah corona, 12 warga Pulau Jawa di pulangkan dari Sangihe

Baca juga: Dinkes ungkap pasien dalam pengawasan di Sangihe meninggal dunia

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020