Indonesia bisa contoh mitigasi Singapura hadapi pandemi COVID-19

Indonesia bisa contoh mitigasi Singapura hadapi pandemi COVID-19

Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara mengatakan Indonesia bisa atau dapat mencontoh upaya mitigasi yang dilakukan oleh Singapura dalam menghadapi pandemi COVID-19 yakni dengan melibatkan unsur komunitas.

"Saya lihat yang cukup bagus itu contohnya di Singapura. Pemerintahnya benar-benar bergabung dengan berbagai komunitas," kata dia usai mengikuti rapat virtual bersama Menteri Sosial dan Pembangunan se-ASEAN di Jakarta, Rabu.

Menurut Juliari, dengan kerja sama antara pemerintah, lembaga, komunitas dan sejumlah instansi maka "perang" melawan pandemi global dapat diatasi secara maksimal dan efisien.

"Saya kira ini bisa kita lakukan supaya tidak pemerintah saja yang terkesan paling terdepan," ujar dia.

Baca juga: Kepada perwakilan ASEAN, Kemensos paparkan upaya mitigasi COVID-19

Meskipun demikian, politisi PDI-P tersebut menegaskan upaya mitigasi dan jaring pengaman sosial kepada masyarakat pada hakikatnya merupakan tanggung jawab pemerintah.

Namun akan lebih baik lagi jika pemerintah atau kementerian terkait terus bekerja sama dan menggandeng kelompok serta komunitas di luar pemerintahan dan  bersama-sama dalam menanggulangi COVID-19 khususnya pada kelompok rentan.

Meski demikian, ia menilai secara tidak langsung sebenarnya kerja sama pemerintah dan komunitas sudah dilakukan di Tanah Air. Hanya saja ke depan diharapkan strategi itu lebih dikuatkan di berbagai sektor.

"Ada juga NGO yang sudah melakukan dan mungkin ada baiknya mereka berbagi dengan kita apa yang mesti diperkuat atau sebaliknya," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Johns Hopkins University and Medicine hingga pukul 17.33 waktu setempat Singapura berada diurutan ke-29 kasus terbanyak COVID-19 dengan jumlah 38.965 kasus dari 188 negara di dunia yang terpapar.

Namun, dari angka terkonfirmasi positif tersebut tercatat hanya 25 kematian di Singapura. Artinya, Singapura berada di urutan ke-110 dari 169 negara yang telah melaporkan kematian akibat virus tersebut.

Sementara, Indonesia berada pada urutan ke-32 dengan jumlah kasus konfirmasi positif 34.316. Dari angka tersebut jumlah kematian yaitu 1.959 atau urutan ke-22 kematian terbanyak di dunia.

Baca juga: Mensos memastikan penerima bansos lewat ormas tidak akan ganda
Baca juga: Sinergi bansos perangi COVID-19

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020