Investasi VW di unit swakemudi Ford tuntas 1 Juni

Investasi VW di unit swakemudi Ford tuntas 1 Juni

Mobil swakemudi Ford yang diujicoba di jalan raya Austin, Texas. (ANTARA/Ford)

Jakarta (ANTARA) - Investasi Volkswagen di unit pengembangan teknologi swakemudi Ford, Argo AI, telah diselesaikan dan efektif per 1Juni 2020, sekitar 11 bulan sejak kesepakatan kolaborasi itu diumumkan Juli 2019.

Ford menyambut baik masuknya VW di Argo AI karena produsen mobil AS itu dapat meningkatkan efisiensi biaya dan modal mengingat pengembangan teknologi swakemudi untuk kendaraan otonom tidaklah murah.

"Di Ford, kami percaya teknologi mengemudi mandiri dapat membuat hidup orang lebih mudah dan memberikan solusi mobilitas baru dan lebih efisien untuk kota-kota padat kami," kata John Lawler, CEO Ford Autonomous Vehicles LLC.

Baca juga: Bangkit dari skandal diesel, VW pamerkan swakemudi "Sedric"

Namun, menurut Lawler dalam pernyataannya, dikutip Kamis, membangun layanan mengemudi mandiri yang aman, skalabel, dan terpercaya bukanlah tugas kecil. Itu juga tidak murah.

Ford telah berkomitmen untuk menghabiskan lebih dari 4 miliar dolar hingga 2023 untuk pengembangan layanan self-driving. Sebagian besar dari investasi ini didedikasikan untuk mengembangkan sistem self-driving.

"Dengan investasi Volkswagen di Argo AI, kami sekarang akan berbagi biaya pengembangan teknologi Argo AI," tambahnya.

Selain biaya pengembangan bersama, kesepakatan dengan Volkswagen menjadikan perangkat lunak self-driving Argo AI menjadi yang pertama dengan rencana penyebaran komersial untuk pasar Eropa dan AS.

Dengan memanfaatkan jangkauan global kedua pembuat mobil, platform Argo AI memiliki potensi penyebaran geografis terbesar dari semua teknologi mengemudi otonom hingga saat ini.

Skala dan jangkauan geografis merupakan faktor penting dalam mengembangkan sistem mengemudi mandiri yang kuat dan hemat biaya.

Sementara Ford berbagi biaya pengembangan teknologi Argo AI, Ford akan tetap independen dan sangat kompetitif dalam membangun layanan self-driving-nya sendiri.

Berbagi biaya pengembangan dengan Volkswagen bukan berarti Ford mengurangi pengeluaran keseluruhannya di ruang kendaraan otonom. Sebagai gantinya, Ford mengalokasikan kembali uang untuk pengalaman pelanggan yang unik termasuk transportasi melalui pengembangan perangkat lunak layanan dan operasi armada.

Baca juga: VW punya teknologi robot pengisian mobil listrik di AS

Baca juga: Ford-Volkswagen umumkan aliansi global mobil listrik dan swakemudi

Baca juga: Ford terbuka bekerja dengan kompetitor pada layanan swakemudi
Pewarta : Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020