Vandoorne rebut kemenangan seri ke-6 dan puncaki klasemen Race at Home

Vandoorne rebut kemenangan seri ke-6 dan puncaki klasemen Race at Home

Tangkapan layar seri ke-6 balap virtual Race at Home Challenge Formula E di sirkuit virtual New York, Sabtu. (ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Mercedes-Benz EQ Stoffel Vandoorne meraih kemenangan pertamanya di ajang balap virtual Race at Home Challenge Formula E pada Sabtu di sirkuit virtual New York.

Vandoorne merebut pole position untuk keempat kalinya di ajang esport yang memasuki seri keenamnya itu.

Berkat start terdepan, sang pebalap asal Belgia itu mampu lolos dari kaosnya lap pembuka di tikungan pertama. Tubrukan antara Neel Jani, Antonio Felix da Costa, dan Maximilian Guenther membuat sang pebalap BMW i Andretti itu melorot ke posisi ke-21.

Baca juga: Dipecat Audi, Abt berkilah tak bermaksud curang di esports Formula E

Vandoorne melesat di depan, menjaga jaraknya lima detik dari Jani, Oliver Rowland dan Pascal Wehrlein di belakangnya.
 
Di lap ke-10 dari 15 yang dilombakan, Rowland dan Wehrlein mampu mengejar mobil Porsche Jani.

Setelah memberi tekanan selama beberapa lap, Wehrlein memanfaatkan celah untuk menyalip Rowland demi posisi kedua dan mencoba bertahan hingga finis.

Vandoorne melintasi garis finis untuk mengunci kemenangan di trek area dermaga Brooklyn itu, sedangkan Wehrlein merebut finis runner-up kendati mendapat penalti di pra-lomba.

Baca juga: Mercedes tarik Stoffel Vandoorne sebagai pebalap cadangan
Baca juga: Stoffel Vandoorne akui sulit bandingkan F1 dan Formula E


Jani sempat bangkit memberi perlawanan Rowland namun tak mampu melewati sang pebalap asal Inggris itu yang mengamankan podium di peringkat tiga.

Jani justru kehilangan kendali mobilnya, menguntungkan Da Costa untuk finis P4. Sang pebalap asal Swiss itu harus puas finis P5 di depan Mitch Evans dari tim Jaguar.

"Perlu sedikit waktu untuk meraihnya, tapi hari ini adalah hasil yang sempurna dengan kemenangan balapan, pole dan lap tercepat," kata Vandoorne seperti dikutip laman resmi Formula E.

Vandoorne kini mengemas total 105 poin, menyalip perolehan poin Wehrlein di klasemen untuk memimpin dua poin atas sang rival.

Hasil itu juga membantu Mercedes memuncaki klasemen tim.

Wehrlein masih menjadi penantang utama kendati Guenther di peringkat tiga, terpaut 32 poin dari pemuncak klasemen dengan dua seri tersisa.

Baca juga: Audi skors Abt karena gunakan "joki" di balap esports Formula E
Baca juga: Grand Prix MotoGP virtual menuju Silverstone menampilkan Jorge Lorenzo
Baca juga: Tampil dominan, Russell juara Grand Prix Monako virtual
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020