Jakarta (ANTARA) - Dalam masa pandemi COVID-19, Dude Harlino mengingatkan untuk pentingnya hidup sederhana agar bisa melewati saat-saat sulit.

Penerapan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar mempengaruhi banyak aspek kehidupan. Dude pun ikut merasakannya, sebab pekerjaannya sebagai aktor terpaksa berhenti sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Saya rasa banyak hal yang harus diambil jadi hikmahnya, sekarang kondisinya sulit, usaha sulit, kerja juga sulit jadi perlu hidup sederhanalah," kata Dude kepada Antara, Jumat.

Baca juga: Dude Harlino sedih Ramadhan usai

Baca juga: Opor ayam, sentuhan Jawa di meja makan Dude Harlino


Suami dari Alyssa Soebandono itu mengaku sudah dua bulan tidak syuting. Pekerjaan lain di luar dunia akting pun terpaksa dibatalkan dan beberapa diganti dengan konsep daring.

"Semua berubah online, kajian kita online. Kalau syuting praktis harus stop dulu, karena kita mengumpulkan massa cukup besar, ada kru, pemain dan lainnya," jelas Dude.

"Tapi ada beberapa event yang saya ada schedule yang tadinya di mall jadinya virtual, lewat Instagram Live atau video call. Beberapa ada lah kayak diskusi sama temen-temen yang tadinya satu tempat sekarang online," lanjutnya.

Selama pandemi, Dude pun lebih fokus untuk beribadah khususnya di bulan Ramadhan. Ia juga bisa memantau perkembangan anak serta cara belajarnya di sekolah.

"Banyak berdoa karena melihat angka-angka update per hari naik-turun, tapi yang terakhir ini bikin syok sih karena begitu besar. Karena PSBB dan kebijakan-kebijakan yang baru wacana dilonggarkan aja, orang udah pada keluar apalagi emang udah dilonggarkan," kata Dude.

Baca juga: Jelang Lebaran, Dude Harlino cari tata cara salat Ied di rumah

Baca juga: Alasan Alyssa Soebandono dan Dude Harlino ikut ramaikan YouTube

Baca juga: Putra Dude - Alyssa keranjingan ke masjid

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020