Terjadi korsleting listrik di lantai dua dan menyambar ke bahan mudah terbakar hingga api membesar
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 18 unit pompa damkar dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar rumah di kawasan padat Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat pagi.

"Pengerahan 18 unit pompa berikut 90 personel pemadam kebakaran untuk antisipasi perambatan api di kawasan padat hunian," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta.

Baca juga: Rumah di Duren Sawit terbakar, 17 mobil damkar dikerahkan

Peristiwa itu dilaporkan kepada petugas piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur? Jumat pukul 02.04 WIB.

Titik lokasi berada dekat Pasar Swalayan Tip Top Pondok Bambu Jalan Pondok Bambu Batas 1 Gang Damai RT04 RW12, Pondok Bambu.

Satu unit bangunan seluas 117 meter persegi yang berdiri di kawasan padat hunian terbakar diduga akibat korsleting arus listrik.

"Terjadi korsleting listrik di lantai dua dan menyambar ke bahan mudah terbakar hingga api membesar," katanya.

Rumah yang dihuni 16 jiwa dengan tiga kepala keluarga itu seluruhnya dilaporkan selamat. Sementara api berhasil diantisipasi tidak sampai merambat ke hunian sekitar.

"Kerugian materi sekitar Rp350 juta," katanya.

Kendala yang dihadapi petugas adalah akses jalan yang relatif sempit serta sumber air yang jauh sehingga menyulitkan pergerakan pemadaman api.

"Kini api berhasil dipadamkan sejak penanganan awal pukul 02:20 WIB berakhir pukul 03.10 WIB," kata Gatot.

Baca juga: Kebakaran rumah di Pondok Bambu berhasil dipadamkan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020