Polda Papua Barat dorong Polres Sorong dan Manokwari naik status

Polda Papua Barat dorong Polres Sorong dan Manokwari naik status

Kapolda Papua Barat Brigjen Turnagogo Sihombing (ANTARA/Toyiban)

Manokwari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat mendorong dua kepolisian resor (polres) di provinsi ini naik statusnya, sehingga akan dipimpin anggota berpangkat komisaris besar polisi (kombes pol).

Kapolda Papua Barat Brigjen Turnagogo Sihombing, di Manokwari, Selasa, menjelaskan bahwa seiring kenaikan tipe Polda Papua Barat dari B menjadi A, akan banyak perubahan dan peningkatan struktur.

Para pejabat polda yang kini masih berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP) akan diganti dengan kombes pol.

"Untuk polres yang sedang kami dorong adalah Polres Kota Sorong dan Manokwari agar naik status. Keduanya kami usulkan menjadi polresta yang akan dipimpin seorang anggota Polri berpangkat kombes," ujar Kapolda.
Baca juga: Personel Polda Papua Barat akan ditambah bertahap setelah naik tipe

Menurut Kapolda, naskah akademik terkait usulan kenaikan status polres tersebut sedang dipersiapkan.

"Mabes juga ada minta karena yang namanya ibu kota provinsi dimana ada polda di situ, maka polres harus menjadi polresta. Mudah-mudahan usulan kami segera disetujui," ujarnya lagi.

Sedangkan untuk pejabat utama Polda Papua Barat, lanjut Turnagogo, saat ini masih ada berpangkat AKBP. Mulai Juli 2020 seluruhnya akan diseragamkan. Seluruh direktur dan pimpinan satuan kerja akan dipimpin seorang kombes pol.

Kenaikan status Polda Papua Barat ini pun mengisyaratkan seorang kapolda berpangkat inspektur jenderal polisi (irjen pol). Saat ini Kapolda Papua Barat masih berpangkat brigadir jenderal polisi (brigjen pol).

Turnagogo menyebutkan, terkait hal itu pihaknya sedang menunggu petunjuk Mabes Polri. Apa pun instruksi mabes, Polda Papua Barat siap melaksanakan.

"Keppres (Keputusan Presiden) sudah ada, sekarang kita menunggu petunjuk Mabes Polres. Mungkin dua atau tiga hari ke depan sudah ada," ujarnya menambahkan.
Baca juga: Ratusan putra daerah Papua Barat menjalani seleksi Bintara Polri
Pewarta : Toyiban
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020