Asnawi salurkan kesibukan ke kanal YouTube pribadi di tengah pandemi

Asnawi salurkan kesibukan ke kanal YouTube pribadi di tengah pandemi

Pesepak bola PSM Makassar Asnawi Mangkualam (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Shan United Tagoe Daniel (kiri) dalam pertandingan lanjutan fase Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Bek PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar disibukkan dengan kegiatan mengembangkan kanal Youtube pribadinya di tengah pandemi COVID-19 yang membuat Liga 1 dan 2 2020 diliburkan.

"Iya, itu untuk kesibukan. Namun saya fokus utama saya tetap berlatih," ujar Asnawi, dikutip dari perbincangannya dengan PSSI di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Asnawi ingin bermain di kawasan Asia jika berkarier di luar negeri

Pesepak bola berusia 20 tahun itu menyebut, saluran YouTube resmin yang dimilikinya bernama Asnawi Mangkualam [Official].

Dia pertama kali mengunggah video di media sosial berbasis audio visual itu pada November 2018. Sampai berita ini diturunkan, dia sudah memiliki sekitar 6.690 pelanggan (subscriber).

Saluran Youtube Asnawi memiliki konten beragam mulai dari tanya jawab, berbincang dengan pemain atau legenda sepak bola, permainan tantangan sampai tips olahraga.

"Beberapa gerakan latihan saya selama di rumah juga bisa ditonton di Youtube," tutur dia.

Baca juga: Asnawi Mangkualam akui sempat tolak jadi bek kanan

Sementara terkait aktivitas selama berpuasa di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19), selain mengisi saluran Youtube, Asnawi giat menjaga kondisi dengan berlatih dan istirahat.

Tidak lupa pula dia beribadah sebagai kewajiban pemeluk agama kepada Tuhan.

"Kadang saya juga berlatih di lapangan yang sepi bersama dua atau tiga orang teman," kata pemain yang turut membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 tahun 2019 dan mendapatkan medali perak sepak bola putra SEA Games 2019 itu.

Asnawi dan para pemain Liga 1 serta 2 Indonesia musim 2020 harus menjalani latihan serta puasa di tempat tinggal masing-masing karena kompetisi tengah diliburkan sementara akibat pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air.

Belum ada kepastian kapan liga akan kembali bergulir. Namun, jika pemerintah Indonesia memperpanjang masa tanggap darurat virus corona yang saat ini ditetapkan sampai 29 Mei 2020, PSSI memastikan Liga 1 dan 2 musim 2020 akan dihentikan.

Baca juga: PSM perpanjang libur pemain antisipasi penyebaran COVID-19
Baca juga: Bhayangkara FC galau soal THR pemain
Baca juga: Persipura tuntut transparansi finansial saat RUPS LIB
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020