Palembang (ANTARA) - Personel Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang melakukan aksi sosial pembagian sembako dan takjil ke warga bantaran Sungai Musi yang terdampak ekonomi akibat penyebaran virus corona (COVID-19), Jumat.

Bantuan ini bukan hanya diberikan ke warga miskin di bantaran sungai tapi juga menyasar para buruh pelabuhan, tukang becak, tukang ojek dan pemulung di lingkungan operasional Lanal Palembang.

Selain itu, Lanal Palembang juga menyalurkan bantuan paket sembako ke sejumlah panti asuhan .

Baca juga: Lanal Tanjung Balai Asahan amankan lagi 124 TKI ilegal

Kegiatan yang melibatkan petugas Posal dan Posmat ini dilaksanakan serentak di Jambi dan Palembang dengan tema “Lanal Palembang Peduli dan Berbagi kepada masyarakat terdampak COVID-19”.

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Saryanto mengatakan aksi sosial ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap warga yang mengalami kesulitan hidup akibat pandemi virus corona.

“Lanal Palembang bukan hanya berperan aktif untuk mencegah peredaran COVID-19, tapi juga ambil bagian dalam membantu masyarakat yang terdampak ekonomi akibat virus corona,” kata dia.

Baca juga: KRI Teluk Lampung-540 sandar di Palembang, 62 ABK langsung rapid test

Dalam penyerahan bantuan ini, Saryanto mengingatkan seluruh personel TNI AL untuk menerapkan protokol penanganan COVID-19 dengan tetap menerapkan "social" dan "physical distancing".

Oleh karena itu, penyerahan bantuan ini dilakukan dengan cara “door to door” untuk menghindari kerumunan massa, seperti yang dilakukan ke warga di bantaran Sungai Musi Palembang.

Baca juga: Lanal Melonguane kerahkan tim cegah COVID-19

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020