Kami juga melibatkan kepala desa untuk mengakomodir penyerahan BLT tersebut agar tepat sasaran
Tanah Bumbu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melalui Camat Karang Bintang Noorhidayat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 50 kepala keluarga terdampak pandemi virus corona baru (COVID-19).

"Setiap KK mendapatkan Rp600 ribu selama tiga bulan ke depan," kata Camat Karang Bintang Noorhidayat di Batulicin Jum'at.

Dia mengatakan BLT tersebut bersumber dari Dana Desa, di mana setiap desa di "Bumi Bersujud" itu mendapatkan alokasi Rp1 miliar untuk membangun wilayahnya.

Kriteria untuk mereka yang berhak menerima BLT, salah satunya yang bersangkutan tidak memiliki pekerjaan akibat COVID-19.

Selain itu, orang yang rentan dengan kemiskinan, orang yang tergolong disabilitas atau memiliki keterbatasan fisik dan tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah, seperti PKH, BPNT, dan BSM.

Baca juga: Agar tepat sasaran, Bupati Sigi kawal penyaluran BLT Dana Desa

Hingga saat ini, dari 11 desa di Kecamatan Karang Bintang, baru dua desa yang sudah merealisasikan penyerahan BLT, sedangkan lainnya masih menunggu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) masuk ke kas desa.

"Kami pastikan sebelum Hari Raya Idul Fitri, dana tersebut selesai diserahkan kepada mereka yang berhak menerima," ujarnya.

Noorhidayat menambahkan penyaluran BLT langkah pemerintah dalam upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Kami juga melibatkan kepala desa untuk mengakomodir penyerahan BLT tersebut agar tepat sasaran," demikian Noorhidayat.

Baca juga: Mendes PDTT harapkan pencairan BLT Dana Desa selesai sebelum Lebaran
Baca juga: Pemerintah dorong penerima BLT Dana Desa sisihkan uang untuk tabungan

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020