Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pasien Coronavirus disease (COVID-19) yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Jember, Jawa Timur terus bertambah dari satu orang menjadi empat orang hingga Selasa malam.

"Hari ini ada tiga pasien COVID-19 yang sembuh yakni warga Kecamatan Sukorambi, Kaliwates, dan Puger, setelah dua kali hasil swab-nya negatif," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jember Gatot Triyono di Jember.

Salah satu pasien yang sembuh tersebut siswa SMP dengan status orang tanpa gejala (OTG) yang telah menjalani isolasi di salah satu rumah sakit rujukan di Kabupaten Jember.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kalteng bertambah 12

Pelajar yang merupakan pasien positif ke-10 di Jember itu tidak mengalami keluhan sama sekali, namun pihak Dinas Kesehatan Jember tetap memintanya untuk masuk rumah sakit dan setelah dua kali dilakukan swab hasilnya negatif.

Menurutnya jumlah pasien terkonfirmasi positif terjangkit virus Corona di Jember sebanyak 15 orang dan empat di antaranya sudah dinyatakan sembuh, sedangkan sisanya sebanyak 10 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan satu meninggal dunia.

"Dari 10 pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit, tiga pasien dirawat di rumah sakit Lumajang karena lebih dekat dengan domisili pasien," tuturnya.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

Ia menjelaskan pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 diperbolehkan pulang, selanjutnya melakukan isolasi mandiri secara ketat dengan pemantauan dari petugas Puskesmas terdekat.

"Kami berharap pasien COVID-19 yang sembuh di Jember terus bertambah dan tidak ada lagi pasien yang meninggal akibat terpapar virus corona," katanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jember tercatat jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 15 orang dari lima klaster yang berbeda, kemudian jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 117 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.227 orang, serta 343 orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga: 10 tenaga kesehatan Padang Panjang dinyatakan sembuh dari COVID-19
Baca juga: Kondisi 12 WNI positif COVID-19 di Singapura stabil
Baca juga: Tingkat kesembuhan pasien positif COVID-19 di Riau capai 62 persen

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020