Kami sudah menyiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai dan layak edar
Makassar (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) menyiapkan sekitar Rp4,32 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai sepanjang Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020.

"Kami sudah menyiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai dan layak edar," kata Kepala Perwakilan BI Sulsel Bambang Kusmiarso di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, BI Sulsel memperkirakan arus keluar uang tunai (outflow) pada periode Ramadhan dan Lebaran 1441H/2020 sebesar Rp4,32 triliun atau turun sebesar 20,90 persen dari periode 2019.

Penurunan tersebut sejalan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi Sulsel, adanya kebijakan larangan mudik, pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan pemindahan hari libur bersama dalam rangka Lebaran 1441H/2020.

Seperti tahun sebelumnya, lanjut Bambang, layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat akan disediakan melalui loket di 37 kantor cabang bank di Kota Makassar, terhitung mulail 5-20 Mei 2020.

Adapun layanan penukaran uang melalui Kas Keliling ditiadakan untuk menghindari kerumuman.

Berkaitan dengan hal tersebut, BI Sulsel telah berkoordinasi dengan perbankan agar dalam memberikan layanan dapat mengacu pada protokol pencegahan COVID-19, yaitu penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

BI Sulsel juga berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) guna memastikan ketersediaan uang layak edar dan turut mendukung edukasi masyarakat saat bertransaksi dengan uang tunai guna memitigasi penyebaran COVID-19.

Guna mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19, BI Sulsel mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara non tunai melalui digital banking, uang elektronik, dan pembayaran berbasis digital/QR Code dengan standar QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Baca juga: BI Sulsel kampanye perangi pencucian uang dan pendanaan terorisme

Baca juga: BI: Sulsel miliki potensi kembangkan Surat Berharga Komersial

Baca juga: BI sosialisasikan SBK sebagai sumber pendanaan perekonomian nasional

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020