KASAD pastikan CICU RSPAD Gatot Soebroto steril dari COVID-19

KASAD pastikan CICU RSPAD Gatot Soebroto steril dari COVID-19

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa (ANTARA/HO-Tangkapan layar Youtube TNI AD)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa memastikan bahwa ruang CICU (Cardiac Intensive Care Unit) RSPAD Gatot Soebroto telah steril dari COVID-19.

"Ruang CICU RSPAD sudah steril dan siap digunakan merawat pasien non-COVID-19," kata Andika, melalui siaran pers TNI AD, di Jakarta, Minggu.

Baca juga: KASAD: RSPAD sediakan ruang khusus ibu hamil positif COVID

Baca juga: Jalani masa transisi, Menhub berterima kasih pada tim dokter RSPAD

Baca juga: KSAD pimpin seminar daring penanganan COVID-19 RSPAD Gatot Subroto


Laporan itu disampaikan oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistiya yang menyatakan ruang CICU RSPAD telah steril dari COVID-19 pada teleconference berkala dengan KASAD dan jajaran pimpinan TNI AD terkait laporan progres penanganan COVID-19.

Andika juga mengapresiasi tentang penurunan kasus pasien COVID di RPSPAD Gatot Soebroto dengan hasil tes pasien terakhir di Ruang CICU bebas dari infeksi nosokomial yang membuktikan tidak ada infeksi di ruang CICU.

Teleconference berkala antara Kepala Staf Angkatan Darat dengan jajaran RSPAD Gatot Soebroto membahas laporan terkait pelayanan RSPAD kepada para pasien COVID-19.

Pada pembahasan tersebut, pihak RSPAD memberikan laporan tentang kegunaan ruangan CICU di RS tersebut.

Wakil Kepala RSPAD, Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistiya mengatakan ruang CICU RSPAD telah steril dari COVID-19.

"Saat ini CICU sudah kami nyatakan steril dari COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dua kali dari pasien yang dirawat di CICU, tidak ada bukti infeksi di rumah sakit," ujar dr. Budi Sulistiya.

Pasien-pasien yang berada di ruangan CICU sebelumnya telah dipindahkan ke Pavilion Suhardo Kerto Husodo dan Paviliun Bernis.

Begitu juga dengan kamar operasi yang digunakan untuk pasien COVID-19, sudah dipindahkan ke ruang operasi Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Saat ini CICU sudah bisa digunakan untuk merawat pasien non-COVID-19," terang dr. Budi Sulistiya.
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020