Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rock and roll asal Amerika Serikat, Little Richard menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (9/5) waktu setempat setelah berjuang melawan kanker yang ia derita, dilaporkan Reuters, Minggu.

"Little Richard meninggal di Tullahoma, Tennessee, karena kanker tulang. Ia dicintai oleh keluarganya dan dipuja oleh jutaan orang," kata keluarga Richard dalam sebuah pernyataan melalui pengacara mereka, Bill Sobel.

Musikus bernama asli Richard Wayne Penniman, yang meninggal dunia pada usia 87 tahun, merupakan salah seorang tokoh berpengaruh dalam musik dan budaya populer selama tujuh dekade.

Little Richard diklaim sebagai "arsitek rock 'n roll" yang membangun suaranya yang memukau dengan campuran boogie-woogie, R&B, dan gospel dalam karya-karyanya.

Ia dikenal melalui lagu dan penampilannya yang ikonis seperti di "Tutti Frutti" dan "Long Tall Sally".

"Saya selalu berpikir bahwa rock 'n roll menyatukan ras. Meskipun saya berkulit hitam, para penggemar tidak peduli. Saya dulu merasa senang tentang itu," kata Richard dalam sebuah wawancara.

Mick Jagger, Paul McCartney, James Brown, Otis Redding, David Bowie dan Rod Stewart, melihat Little Richard sebagai pengaruh terbesar mereka dalam bermusik.

Jimi Hendrix, yang bermain di band Richard pada pertengahan 1960-an, mengatakan dia ingin menggunakan gitarnya seperti cara Richard menggunakan suaranya.

Richard adalah salah satu orang yang pertama kali dilantik ke dalam "Rock and Roll Hall of Fame" pada tahun 1986, namun tidak menghadiri upacara tersebut karena ia baru pulih dari kecelakaan mobil.

Majalah Rolling Stone menempatkannya di urutan ke-8 dalam daftar 100 penghibur terhebat sepanjang masa dan ia menerima penghargaan seumur hidup Grammy pada tahun 1993.

Richard menderita serangan jantung pada tahun 2013 dan masalah pinggul mengharuskannya untuk menggunakan kursi roda.

Dalam sebuah unggahan di Instagram pada hari Sabtu, gitaris lama Richard, Kelvin Holly berkata, "Beristirahatlah dengan tenang, Richard."

"Pikiran dan doa saya ditujukan kepada semua teman band dan penggemar di seluruh dunia. Richard benar-benar raja!" tutup Holly.


Baca juga: Penyanyi "Lean on Me" Bill Withers meninggal dunia

Baca juga: Penyanyi opera Jessye Norman meninggal pada usia 74 tahun

Baca juga: Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia karena corona


Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020