Kupang (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, MSi mengatakan, Amien Rais akan menyiapkan pangung politik untuk Hanafi Rais dengan mendirikan partai baru.

"Sebagai politisi kawakan, Amien Rais tidak menginginkan karir politik Hanafi menjadi pudar dengan bergabung bersama PAN. Amin akan menyiapkan panggung politik bagi Hanafi ke depan dengan mendirikan partai baru," kata Ahmad Atang kepada ANTARA di Kupang, Sabtu.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan mundurnya Hanafi Rais dari kepengurusan PAN periode 2019-2024, dan kemungkinan pembentukan partai baru oleh Amien Rais dan pendukungnya.

Baca juga: PAN terima surat pengunduran diri Hanafi Rais dari kepengurusan DPP
Baca juga: Pendiri PAN: Persiapan Amien Rais bentuk parpol baru sudah 70 persen

Baca juga: Politisi PAN ragu Amien Rais dirikan parpol baru

Mantan Pembantu Rektor I UMK itu menambahkan, mundurnya Hanafi Rais membuat drama PAN akan terus berlangsung, apakah Amien Rais dan loyalis akan mendirikan partai baru yang telah diwacanakan ataukah Hanafi akan mengakhiri karirnya di dunia politik yang telah membesarkannya.

Menurut dia, Amien Rais masih menjadi sentral 'opinion' terhadap karir politik Hanafi Rais, sehingga mundurnya Hanafi sedikit banyak karena pengaruh Amien Rais.

Sebelumnya, saat Rakernas PAN di Jakarta, Hanafi Rais menyampaikan pengunduran dirinya melalui surat. Hanafi menyatakan diri mundur baik sebagai Pengurus Pusat PAN dan mundur dari parlemen.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020