8 pasien COVID-19 di Pesisir Selatan sembuh

8 pasien COVID-19 di Pesisir Selatan sembuh

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir SelatanĀ Rinaldi. (ANTARA/ist)

Painan, (ANTARA) - Sebanyak delapan di antara 16 warga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang positif terinfeksi virus corona jenis baru (COVID-19) dinyatakan sembuh setelah menjalani serangkaian perawatan, kata pejabat daerah setempat.

"Hari ini ada satu lagi pasien yang dinyatakan sembuh, sehingga total pasien sembuh menjadi delapan orang atau setengah dari jumlah yang terinfeksi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir Selatan Rinaldi di Painan, Selasa.

Ia menyebut pasien yang sembuh hari ini bernama Desri Yenti (42), pasien kasus kelima dan telah menjalani karantina di Bapelkes Sumatera Barat sejak Sabtu (18/4).

Pada Senin (4/5), dua pasien juga dinyatakan sembuh, keduanya tercatat sebagai pasien ke-11 dan 12, mereka juga menjalani karantina di Bapelkes Sumatera Barat sejak Rabu (22/4).

"Masing-masing bernama Febrianti dan Sulismika, keduanya telah berbaur dengan keluarga dan masyarakat sekitarnya seperti sediakala," ungkapnya.

Baca juga: Menhub langsung "tancap gas" hari ini, usai jalani transisi COVID-19

Sebanyak delapan pasien lain yang masih terinfeksi terus menjalani sejumlah perawatan, satu di antaranya dirawat di RSUD Dr Achmad Mochtar Kota Bukittinggi.

Sebanyak tiga orang dikarantina di Balai Diklat BPSDM Sumatera Barat, tiga di Bapelkes Sumatera Barat, dan satu menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan pengawasan ketat tim medis.

Terkait dengan COVID-19, per hari ini pihaknya mencatat jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah delapan orang, tiga dirawat di RSUD Dr M. Zein Painan, satu di RSUP Dr M. Jamil Padang dan empat sisanya menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 317 orang dan 291 orang selesai menjalani masa pemantauan, orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 380 orang, 182 selesai menjalani masa pemantauan.

Pelaku perjalanan dari dari daerah terjangkit COVID-19 yang masuk ke daerah setempat berjumlah 6.619 orang dan 5.513 orang di antaranya selesai menjalani masa pemantauan.

Baca juga: 24 ABK KM Kelud sembuh COVID-19
Baca juga: Seorang balita di Riau sembuh dari COVID-19
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020