Kembali dibuka, McDonald's di Belanda berlakukan "social distancing"

Kembali dibuka, McDonald's di Belanda berlakukan

Pelanggan menunggu di luar purwa rupa restoran McDonald's di Arnhem, Belanda (1/5/2020) REUTERS/Piroschka van de Wouw (REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW)

Jakarta (ANTARA) - Di kota Arnhem, Belanda, restoran McDonald's kembali dibuka seiring dengan dilonggarkannya aturan lockdown di negara tersebut berkat pandemi virus corona baru (COVID-19) yang kian menurun.

Uniknya, restoran mengaplikasikan aturan jaga jarak, social distancing.

"Kami mencari cara agar pelanggan dan pegawai kami tetap aman, sambil tetap menjaga nuansa restoran," kata Eunice Koekkoek, perwakilan McDonald's Belanda kepada Reuters dikutip Minggu.

Koekkoek mengatakan hal itu merupakan perubahan drastis yang pernah terjadi. "Namun kami harap kami bisa melakukan sebaik mungkin supaya pelanggan enggak terlalu menyadarinya."

Baca juga: McDonald's tutup sementara seluruh cabang di Inggris, Irlandia

Baca juga: Menguak rahasia di ayam, burger hingga kentang goreng McD


Restoran, bar dan sejumlah tempat umum di Belanda ditutup sejak 15 Maret. Pada Jumat (1/5) diumumkan kasus virus corona di negara itu tercatat mencapai 39.791 dengan jumlah kematian terkonfirmasi 4.893.

Tapi, infeksi baru dilaporkan sudah menurun, mengakibatkan permintaan dilonggarkannya aturan lockdown yang sebenarnya masih harus ditetapkan sampai tanggal 19 Mei mendatang.

Meski demikian, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte baru akan memutuskan apakah bar dan restoran bisa dibuka kembali pada tanggal 12 Mei nanti.

Jika restoran dan bar akan dibuka lagi maka mereka harus menerapkan social distancing di mana para pelanggan dan pegawai harus menjaga jarak setidaknya 1,5 meter guna  menghindari infeksi.

 
Pelanggan di restoran McDonald's di Arnhem, Belanda (1/5/2020) REUTERS/Piroschka van de Wouw (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)


McDonald's mengatakan mereka akan menggunakan layanan meja di mana kentang dan burger diantarkan ke pelanggan pakai meja beroda sehingga pelanggan bisa mengambil sendiri pesanannya.

Hal baru lainnya adalah adanya tempat cuci tangan di pintu masuk dan seorang petugas di balik layar plastik yang akan menunjukkan di mana pelanggan bisa duduk setelah mengantri.

Banyak restoran khawatir kalau aturan social distancing seperti ini bisa membikin mereka bangkrut.

Namun McDonald's akan mengaplikasikan aturan social distancing ini di 180 restoran mereka dari 252 waralaba yang ada di Belanda.

"Rata-rata aturan ini akan bisa melayani 66 persen pelanggan kami dibanding hari normal," kata Koekkoek yang mengaku tak menyangka pembukaan kembali restoran bisa dilakukan sebelum Juni.

Sekira seperempat 39.000 restoran McDonald's di seluruh dunia sudah beroperasi pada Kamis termasuk 14.000 outlet di Amerika Serikat yang banyak memberlakukan layanan drive thru.

Baca juga: Resep McDonald's McMuffin dan Ikea meatballs

Baca juga: McDonald's bagikan APD dan 5.000 paket makanan untuk petugas medis

Baca juga: McDonald's tutup sementara layanan makan di tempat
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020