Batam (ANTARA) - Rumah Sakit Bhayangkara TK IV Polda Kepri membuka pelayanan "drive thru screening rapid test" COVID-19 gratis, kepada masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatannya.

Dengan pemeriksaan "drive thru", maka masyarakat yang ingin diperiksa tidak perlu turun dari kendaraannya. Inovasi pelayanan ini dimulai Rabu (29/4).

"Dengan kebijakan dari Kapolda Kepri, kami melaksanakan 'screening rapid test' dengan cara 'drive thru'. Hal ini dilakukan sebagai bentuk Polda Kepri Peduli COVID-19," kata Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah.

Baca juga: TNI AU kembali distribusikan 5.000 APD untuk Kepri

Kebijakan 'screening rapid tes' COVID-19 melalui 'drive thru' dibuat dengan mempertimbangkan protokol kesehatan, menjaga jarak, sehingga tidak terjadi penularan pada saat antrian pemeriksaan.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan pemeriksaan, masyarakat diberikan 'hand sanitizer', mengambil nomor antrian dengan mengisi nama, no telepon, menunggu giliran, dan menunggu, berdiam di kendaraan.

Kemudian, petugas RS Bhayangkara yang akan mengambil darah di ujung jari, selanjutnya diperiksa di bawah tenda.

Baca juga: Dompet Duafa Kepri-AS serahkan APD untuk Puskesmas di Batam

Hasilnya akan dikirim berdasarkan nomor telepon yang dicantumkan.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa RS Bhayangkara TK IV Polda Kepri merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk COVID-19, dengan memiliki 28 kamar dan 31 tempat tidur," kata dia.

Sampai saat ini sudah 26 Pasien yang dikarantina di RS Bhayangkara, 4 pasien di antaranya positif COVID-19 berdasarkan pemeriksaan swab dan sudah dirujuk ke RS Galang.

Baca juga: Kepri tunggu pengiriman pesanan "reagen" tangani pasien COVID-19

Selama pandemi COVID-19 terdeteksi di wilayah Kepri, RS Bhayangkara telah melakukan "rapid test" (tes cepat) sebanyak 534 orang, 7 orang di antaranya dinyatakan reaktif dengan rincian 6 orang personel Polri dan 1 orang masyarakat umum.

RS Bhayangkara membuka pelayanan kepada masyarakat untuk "rapid test" secara "Drive Thru", dengan mendaftar lewat whatsapp ke nomor 081276764878 atau ke nomor 081270004794.

Pelayanan diberikan Senin sampai Jumat pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

"Kerja sama semua pihak antara Pemerintah, TNI-Polri saling bahu-membahu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bersama-sama mengutamakan upaya memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 termasuk juga dalam pelayanan kesehatan," kata dia.

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020