Warga yang mendapatkan beras tersebut adalah yang terdata oleh para Babinsa di tingkat Kelurahan di Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Kodim 0503 Jakarta Barat menyediakan beras gratis 1,5 ton bagi warga terdampak pandemi COVID-19 lewat sistem ATM Pertanian "Sikomandan" setiap hari.

"Satu hari kita target 1.000 paket untuk 1.000 orang. Setiap orang itu dapat 1,5 kilogram (beras). Jadi kita sediakan 1,5 ton per hari," ujar Dandim 0503 Jakarta Barat, Kolonel Kavaleri Valian Wicaksono di Jakarta, Senin.

Valian menjelaskan, penyediaan beras tersebut hasil kerjasama kerjasama antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian dan Bank BNI yang dimulai sejak Rabu (22/4).

Baca juga: Polrestro Jaksel data warga yang belum dapatkan bansos COVID-19

Baca juga: Pertani salurkan sembako dari Presiden Jokowi di Jakarta Pusat

Baca juga: Pengelola Ramah Anak Jakarta Utara salurkan bantuan paket sembako


Tiap hari, ATM beras gratis tersebut dibuka Pukul 08.00 hingga 16.00 WIB selama  masa pandemi COVID-19.

Warga yang mendapatkan beras tersebut adalah yang terdata oleh para Babinsa di tingkat Kelurahan di Jakarta Barat.

Mereka diarahkan ke Kodim 0503 Jakarta Barat untuk mengambil beras tersebut dengan menggunakan kartu ATM BNI yang akan diberikan.

"Ini kan pakai kartu ATM ambilnya. Memang masyarakat diharapkan ambil ke sini. Jadi data awal orang orangnya, nanti mereka didampingi Babinsa datang ke Kodim untuk ambil berasnya di ATM beras," kata Valian.

Pembagian beras tersebut menerapkan "physical distancing," atau kebijakan menjaga jarak fisik, salah satunya dengan mengatur jadwal pembagian agar tak terjadi penumpukan.

"Jadi tiap kecamatan alokasi waktunya 1 jam untuk menghindari enggak ramai. Kalau disini, protokol kesehatannya jaga jarak, antre, cek suhu tubuh, cuci tangan sebelum gunakan ATM," ujar Valian.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020