Jakarta (ANTARA) - Ragam berita hukum terpopuler kemarin Minggu (27/4) mulai dari soal Mola TV beri hak jawab terkait pernyataan Sekjen GO TVKI hingga soal kebijakan putar balik kendaraan mudik agar kembali ke daerah asal.

Berita hukum kemarin tersebut masih dapat dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada pekan ini, di antaranya:

1. Mola TV beri hak jawab atas pernyataan Sekjen GO TVKI

MOLA TV menjawab pernyataan Sekretaris Jenderal Gabungan Operator TV Kabel Indonesia (GO TVKI) Candi Sinaga melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu malam (25/4).

"Mola TV adalah pemilik dan/atau penerima atau pemegang lisensi tunggal/eksklusif atas setiap konten tayangan pada platform Over the Top(OTT) MOLA TV (Lisensi Tunggal), yang mana perjanjian lisensi terkait konten tayangan tersebut di atas telah terdaftar serta tercatat secara sah pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (DJKI Kemenkumham RI)," ujar Operations Lead Mola TV, Fery Wiraatmadja dalam Hak Jawabnya kepada Antara.

Baca selengkapnya

2. Polri: Penyelidikan terhadap Ravio tindak lanjuti laporan masyarakat

Polri menegaskan bahwa penyelidikan terhadap aktivis Ravio Patra Asri (RPA) dilakukan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang menerima pesan WhatsApp berisi ajakan berbuat ricuh.

Bahkan penerima pesan tidak hanya di Jakarta, beberapa warga di daerah juga mengaku menerima pesan serupa.

"Penyidik (melakukan penyelidikan) berdasarkan laporan masyarakat yang resah. Tidak hanya di Jakarta, tapi di berbagai daerah juga mendapatkan kiriman pesan tersebut dan banyak lagi saksi yang dikirimkan pesan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Sabtu malam.

Baca selengkapnya

3. Danlantamal I: TNI AL tingkatkan pengawasan jalur ilegal

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid mengatakan, TNI AL, dalam hal ini Lantamal I Koarmada I terus memperkuat dan meningkatkan pengawasan terhadap jalur-jalur masuk secara ilegal dari laut.

"Patroli rutin, patroli intelijen tetap kita lakukan dan intensitasnya dinaikkan, kita tidak akan mengambil risiko besar pada waktu seperti saat ini," ujar Rasyid, dalam keterangannya di Belawan, Medan, Minggu.

Baca selengkapnya

4. Polres Mesuji pulangkan 104 kendaraan ke daerah asal

Anggota Satlantas Polres Mesuji Brigpol Frans Olsen mengatakan bahwa pihaknya sampai dengan Minggu (26/4) sudah memaksa seratusan kendaraan putar balik di gerbang tol Simpang Pematang KM 240 Mesuji Lampung.

"Kita sudah lakukan sejak kemarin sampai hari ini. Ini untuk mengantisipasi adanya pemudik asal Sumatera Selatan atau dari Lampung yang akan melakukan mudik," kata Frans Olsen, di Mesuji Minggu.

Baca selengkapnya

5. Polisi minta 463 kendaraan pemudik masuk Jateng untuk putar balik

Kepolisian telah meminta pemudik yang menggunakan 463 kendaraan untuk putar balik saat akan masuk ke wilayah Jawa Tengah selama dua hari terakhir pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2020.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iskandar F.Sutisna di Semarang, Minggu, mengatakan, ratusan kendaraan yang diminta kembali ke daerah asal keberangkatannya itu melintas di 13 pos check point yang tersebar di berbagai titik.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020