Adanya pembangunan rumah khusus tersebut diharapkan dapat membantu para masyarakat berpenghasilan rendah di daerah
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menyelesaikan pembangunan serta melaksanakan serah terima 20 unit rumah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

"Kami telah menyelesaikan pembangunan dan melakukan serah terima kunci rumah khusus sebanyak 20 unit rumah kepada pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat, Phiter Pakabu, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Serah terima dilaksanakan oleh Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Phiter Pakabu didampingi oleh Pejabat Pembuat Komitmen Rumah Susun dan Khusus, Ferry Moya kepada Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Pegunungan Arfak, Anton Meyum di Distrik Anggigida, Kampung Sisrang, Papua Barat.

Proses serah terima rumah khusus tersebut ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kunci kepada penerima bantuan rumah khusus.

"Bantuan rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Sebanyak 20 unit rumah khusus yang dibangun oleh Kementerian PUPR memiliki bangunan tipe 36 dan sudah dalam kondisi siap huni," paparnya.

Sebagai informasi, rumah khusus di Kampung Sisrang Kabupaten Pegunungan Arfak dibangun oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dengan nilai anggaran senilai Rp5,29 miliar pada tahun 2019.

Adapun kontraktor pelaksana pembangunan ini adalah CV. Pilar Utama Sampurna.

"Adanya pembangunan rumah khusus tersebut diharapkan dapat membantu para masyarakat berpenghasilan rendah di daerah untuk mendapatkan hunian yang layak huni. Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni, kesejahteraan masyarakat di Kampung Sisrang bisa lebih ditingkatkan lagi," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Pegunungan Arfak Anton Meyum menyampaikan bahwa masyarakat di kampung ini sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para warga di daerahnya.

Menurut dia, rumah merupakan salah satu kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja mencari kebutuhan sehari-hari untuk keluarga.

"Saya juga meminta kepada warga yang telah menerima bantuan ini agar hunian rumah ini dijaga dan dirawat. Selain itu para penghuni rumah khusus juga wajib menjaga keamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif," harapnya.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun 50 rumah khusus TNI di Pontianak
Baca juga: Pemerintah dorong pembangunan rumah khusus di Papua Barat

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020