Diharapkan laju kenaikan jumlah penderita COVID-19 dapat terus ditekan.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan (startup) kesehatan Hellofit mendonasikan sebanyak 1.000 masker N95, 10.000 masker kain, alat pelindung diri (APD) dan alat medis senilai Rp700 juta kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, sebagai bentuk kepedulian ikut memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Sebelumnya, Hellofit juga telah menyalurkan bantuan APD dan peralatan medis di kota Solo dan kepada RSUP dr Kariadi Semarang.

“Tindakan pencegahan penularan COVID-19 di Yogya sudah berjalan baik. Diharapkan laju kenaikan jumlah penderita COVID-19 dapat terus ditekan. Bantuan kepada RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, supaya bisa dimaksimalkan untuk memberi perlindungan kepada tenaga medis,” kata Founder dan CEO Hellofit Vincent Geraldi, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, bantuan ini didasari keprihatinan agar tenaga medis dilengkapi dengan APD sesuai dengan standar yang berlaku. Tenaga medis yang bertugas harus dilengkapi APD sesuai standar sehingga butuh perlindungan maksimal saat menangani pasien.

Selain 1.000 masker N95 dan 10.000 masker kain, juga didonasikan 500 baju hazmat, 2.000 sarung tangan medis, 500 face shield, 500 kacamata pelindung, 10.000 masker kain, 1.000 botol dan 48 galon hand sanitizer.

Baca juga: Perusahaan rintisan ikut sumbang APD bagi tenaga medis
Baca juga: Bocah SD di Jatim sumbangkan uang tabungan untuk beli APD tenaga medis


Penyerahan bantuan diterima langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr Sardjito dr Rukmono Siswishanto, M.Kes., Sp.OG (K) didampingi Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes.

Direktur Utama RSUP Dr Sardjito dr Rukmono Siswishanto mengatakan, Pemerintah Daerah dan Tim Gugus Penanganan COVID-19 telah berupaya keras menyediakan APD karena jumlahnya belum mencukupi. Karena itu, bantuan dari berbagai pihak sangat dihargai.

Menurut dr Rukmono, untuk menangani COVID-19 perlu uluran berbagai pihak. Apalagi RS Dr Sardjito telah ditunjuk sebagai pusat rujukan COVID-19. Pihaknya pun sangat menghargai ketulusan dan nilai gotong royong yang muncul dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Adanya bantuan ini menjadi bukti nyata dukungan penuh bagi tenaga medis. Salut ada anak muda yang turun langsung. Semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya untuk membantu. Tidak hanya itu, anak-anak muda juga harus memiliki kesadaran tinggi akan bahaya Covid-19. Ringankan tugas rumah sakit dengan melindungi diri dari penularan Corona,” katanya.

Baca juga: Home Credit salurkan bantuan alat medis ke RS rujukan COVID-19

Vincent mengaku senang ikut mengambil bagian untuk terjun langsung membantu para dokter dan tenaga medis lainnya di RSUP Dr Sardjito.

Dia pun mengajak anak muda lainnya untuk aktif membantu memerangi pandemi Covid-19. Apalagi sekarang ada pasien yang merupakan Orang Tanpa Gejala. Maka, perlindungan tenaga medis menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi.

Hellofit merupakan aplikasi rintisan yang menyediakan layanan kesehatan untuk para penggunanya.

Diluncurkan pada 10 April di Solo, Hellofit memiliki misi sosial, yakni membantu kelompok yang tidak mampu dalam mengakses kesehatan, di mana masyarakat dapat berkonsultasi langsung dengan para dokter yang telah tergabung dalam aplikasi dan mendapatkan informasi kesehatan secara cuma-cuma .

Baca juga: Enam perusahaan garmen Korsel kirim 927 ribu APD ke BNPB

Baca juga: RAPP dan APR donasikan 315.450 APD untuk tenaga medis Riau

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020