Di tengah kondisi pandemi ini, kami berupaya untuk dapat turut berkontribusi positif
Jakarta (ANTARA) - Danone Indonesia bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Foodbank of Indonesia menyalurkan bantuan makanan bergizi kepada tenaga medis, pekerja nonformal, kelompok rentan termasuk lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak di atas satu tahun selama masa pandemi COVID-19.

"Bantuan itu berupa 33.000 makanan bergizi, 2000 suplai makanan pokok, serta nutrisi," kata Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto dalam siaran pers, di Jakarta, Selasa.

Kerja sama ini, jelas Vera, sebagai wujud gotong royong di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia untuk mencegah dan memperkecil rantai penularan.

Disamping mematuhi anjuran pemerintah dalam menjaga jarak fisik, konsumsi gizi seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Baca juga: Alumni KNPI bantu masyarakat agar beban lebih ringan hadapi Ramadhan

“Di tengah kondisi pandemi ini, kami berupaya untuk dapat turut berkontribusi positif bagi kemajuan Indonesia, termasuk melalui menyediakan akses makanan sehat," kata Vera.

Bantuan ini kami prioritaskan bagi pihak yang paling terkena dampak seperti tenaga medis, pekerja nonformal, serta masyarakat dalam kategori dan area yang rentan.

Nutrisi
Nutrisi berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berbicara mengenai imunitas, sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus dibangun tidak hanya pada saat terjadi pandemi, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari.

Mengutip WHO, sistem imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia, termasuk penyakit yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, atau produk biologis lainnya seperti toksin yang disebabkan oleh organisme tersebut.

Bagi kelompok rentan seperti ibu hamil, menyusui, anak-anak, serta tenaga medis, sistem imun tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga.

Baca juga: Organisasi kemahasiswaan bantu APD untuk RSUD Koja

DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dalam edukasi digital di @nutriclub_id menjelaskan, meskipun berperan sebagai proteksi terhadap penyakit, pada keadaan tertentu sistem imun tubuh dapat melemah.

Karena itu, fungsi sistem imun harus terus dijaga, di antaranya dengan beristirahat cukup, olahraga teratur, serta konsumsi makanan bergizi dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta air putih yang cukup, jelas Ariani.

Dukungan nutrisi oleh Danone Indonesia diberikan kepada 14.000 tenaga kesehatan di 30 rumah sakit rujukan (seperti RS Darurat Wisma Atlet, RS Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso dan berbagai Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas di Jakarta).

Kemudian sebanyak 19.000 lainnya didistribusikan kepada pekerja nonformal, keluarga dengan lansia, anak-anak, hingga ibu hamil serta 2.000 suplai makanan pokok dan 500 dukungan nutrisi berupa susu pertumbuhan) untuk anak di atas usia 1 tahun.

Baca juga: Pengusaha muda Jakarta bantu warga terdampak COVID-19

Selain dukungan langsung, kelompok usaha Danone di Indonesia melalui kategori
Specialized Nutrition (SN) juga aktif melakukan edukasi melalui kanal digital kepada konsumen untuk terus menjaga semangat pada ibu agar senantiasa berjuang menjaga kualitas kesehatan anak.

Diantaranya bincang-bincang dengan psikolog dan dokter spesialis anak melalui Instagram @akuanaksgm, @bebeclub, dan @nutriclub_id mengenai berbagai topik mulai dari mendukung stimulasi anak selama di rumah, cara mengurangi stres para ibu, hingga nutrisi penting untuk daya tahan tubuh anak.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020