Pasien Dalam Pengawasan yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Liung Kendage negatif COVID-19
Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari selaku Juru Bicara Penanganan COVID-19 kabupaten ini mengungkapkan, hasil pemeriksaan terhadap satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berada di Rumah Sakit Liung Kendage negatif COVID-19.

"Pasien Dalam Pengawasan yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Liung Kendage negatif COVID-19," kata Jopy Thungari, di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, hasil pemeriksaan swap tenggorokan pasien dari Kecamatan Manganitu dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah diterima oleh Dinas Kesehatan setempat.

"Kami sudah menerima hasil pemeriksaan swap tenggorokan melalui metode PCR Makassar dengan hasil negatif," kata dia.
Baca juga: Satu PDP dirawat di RS Liun Kendage Tahuna Sulut


Ia mengatakan, sesuai protokol penanganan pasien COVID-19, maka harus dilakukan pemeriksaan kedua untuk kepastian diagnosanya.

"Pemeriksaan sampel lendir yang kedua dari pasien tersebut segera dilakukan untuk kepastian diagnosa," kata dia pula.

Dia juga mengatakan, satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini, juga sudah dipulangkan dari Rumah Sakit Liung Paduli setelah selesai menjalani masa pemantauan selama 14 hari.

"Satu ODP dari Kecamatan Tabukan Tengah yang diisolasi di Rumah Sakit Liung Paduli sudah dikembalikan ke keluarga, setelah menjalani masa pemantauan selama 14 hari sebab yang bersangkutan dalam keadaan baik," kata dia lagi.
Baca juga: Cegah corona, 12 warga Pulau Jawa di pulangkan dari Sangihe

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020