Selain untuk tenaga medis, Hellofit juga menyerahkan masker kain yang ditujukan untuk masyarakat.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan (startup) kesehatan Hellofit menyumbangkan alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan medis lainnya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 senilai Rp500 juta kepada RSUP dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Donasi berupa 1.000 masker N95, 300 set baju APD, 2.000 pasang sarung tangan steril, 5.000 masker kain, 1.000 botol dan 48 galon hand sanitizer, 300 kacamata pelindung, dan 200 alat pelindung wajah.

"Minimnya persediaan APD dan kebutuhan medis lainnya di rumah sakit menjadi keprihatinan Hellofit. Kami tergerak untuk berpartisipasi dan terjun langsung memberi bantuan," kata Founder dan CEO Hellofit Vincent Geraldi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Perusahaan rintisan kesehatan bantu APD atasi COVID-19 Bantuan Hellofit diserahkan langsung kepada Direktur Utama RSUP dr Kariadi Semarang dr Agus Suryanto, Sp. PD, KP, MARS dan Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum, drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp PD-KP, MARS.

Menurut Vincent, kekurangan alat perlindungan tenaga medis di berbagai rumah sakit cukup memprihatinkan, padahal tenaga medis berjuang keras merawat dan mengobati pasien COVID-19.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk para tenaga medis kita yang berjuang di garda terdepan," ujarnya.

Sebagai putra kelahiran Semarang, Vincent merasa terpanggil untuk turun tangan langsung memberikan bantuan kepada tenaga medis di kota ini.

Selain untuk tenaga medis, Hellofit juga menyerahkan masker kain yang ditujukan untuk masyarakat.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama RSUP dr Kariadi Semarang dr Agus Suryanto mengatakan RSUP ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan pelayanan COVID-19.

"Segenap civitas hospitalia rumah sakit siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Tim COVID-19, bekerja sama dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupatendi Jawa Tengah bahu-membahu mengatasi persoalan ini," ujar Agus Suryanto.

Baca juga: Gugus Tugas produksi APD berbahan lokal sertifikasi WHO

Agus juga mengingatkan masyarakat agar mengikuti kebijakan pemerintah. Patuh untuk tetap tinggal di rumah, jaga jarak, gunakan masker ketika harus ke luar rumah, pastikan selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta hidup sehat.

Hellofit merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan layanan konsultasi kesehatan dari para profesional ke masyarakat tanpa berbayar.

Diluncurkan pada 10 April 2020 di Solo, Hellofit memiliki misi sosial, yakni membantu kelompok yang tidak mampu untuk mendapat akses kesehatan, selain juga membangun kesadaran perihal pentingnya kesehatan.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020