Kami harus mengedukasi masyarakat untuk mengikuti seluruh anjuran pemerintah
Pasuruan (ANTARA) - Jumlah pasien terjangkit virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Senin ini, masih tetap sama dengan hari sebelumnya yakni 10 orang.

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya dalam keterangan pers, Senin mengatakan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) bertambah dari 86 menjadi 91 orang.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Jatim 438 orang

"Penambahan jumlah ODP merupakan hasil tracing di Gondangwetan sebanyak 4 orang dan 1 orang yang berasal dari Kecamatan Pandaan," katanya.

Ia mengemukakan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga meningkat dari 25 orang menjadi 26 orang.

"Rinciannnya terdiri dari 12 negatif swab sembuh dan pulang dari RSUD Bangil, 9 diisolasi di RSUD Bangil, 3 orang negatif tes swab dan pulang dari RSSA Malang, 2 orang meninggal dunia, yakni 1 negatif swab dan 1 negatif dari hasil rapid test," katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim koordinasi dengan Pemkot Surabaya tekan COVID-19

Selain perkembangan jumlah ODP, PDP dan positif COVID-19, kata dia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD dan dibantu TNI POLRI, terus melakukan berbagai macam upaya dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

"Mulai dari penyemprotan disinfektan ke seluruh wilayah yang berstatus zona merah, zona kuning maupun zona hijau hingga tracing dan tracking secara menyeluruh," katanya.

Ia mengatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan meminta seluruh warga sekitar Kecamatan Rembang untuk tetap tenang, pascapenjemputan seorang pasien positif corona yang pulang paksa dari RSUD Bangil.

Baca juga: Polda Jatim amankan 8.322 orang saat penerapan "physical distancing"

"Kami harus mengedukasi masyarakat untuk mengikuti seluruh anjuran pemerintah. Tetap di rumah, jaga kesehatan dan imunitas tubuh, jaga jarak, pola hidup yang lebih bersih, dan selalu berdoa. Tetap tenang tapi waspada," katanya.

Menurut Anang, hingga saat ini, seorang pasien positif itu masih diisolasi di RSUD Bangil, sedangkan putrinya sudah boleh pulang, lantaran tidak terdapat keluhan apapun dan dinyatakan sehat.

"Untuk pasien masih diisolasi di RSUD Bangil, sedangkan anaknya boleh pulang setelah dipastikan dalam kondisi sehat dan tidak ada gejala apapun," katanya.

Ditambahkannya, pascapenjemputan pasien bersama anaknya, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan langsung melakukan tracing terhadap keluarga atau orang lain yang berinteraksi dengan pasien tersebut.

"Kami tracing di perusahaan tempat kakak kandung pasien bekerja. Dan kami bersyukur, perusahaan langsung meminta kakak kandung pasien untuk melakukan self isolation (isolasi mandiri) di rumahnya)," katanya.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di Jatim melonjak drastis
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020