Untuk maskapai yang masih beroperasi yakni Batik, Citilink serta Garuda dengan enam penerbangan berangkat dan enam kedatangan
Palembang (ANTARA) - Penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang hanya menjadwalkan tiga rute tujuan pasca berlakunya pembatasan jam operasional bandara oleh PT Angkasa Pura II terkait COVID-19.

PLT General Manager Bandara SMB II Palembang, Ahmad Dedy, Sabtu, mengatakan tiga rute tersebut Bandara Soekarno - Hatta Tanggerang, Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan Bandara Hang Nadim Batam

"Untuk maskapai yang masih beroperasi yakni Batik, Citilink serta Garuda dengan enam penerbangan berangkat dan enam kedatangan," ujar Ahmad Dedy.

Menurut dia, pembatasan operasional penerbangan reguler di Bandara SMB II Palembang dari pukul 06.00 WIB - 18.00 WIB efektif berlaku selama 11 - 30 April 2020, sebelumnya jam operasional mulai pukul 05.00 - 24.00 WIB.

Meski terbatas, pengelola bandara tetap melayani penerbangan khusus seperti pesawat logistik, carter ataupun pendaratan darurat yang tidak terjadwal secara reguler.

Pembatasan operasional tersebut diakui sangat berdampak terhadap pergerakan pesawat dan penumpang, pada kondisi normal pergerakan pesawat dapat mencapai 100 kali perhari, sedangkan jumlah penumpang rata-rata tercatat 10.000 orang perhari.

Namun saat ini trafik penumpang terpantau anjlok 85 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2019, sedangkan jika dibandingkan Februari - Maret 2020 ada penurunan rata-rata 30 persen.

"10 April 2019 kami mencatat ada 10.951 penumpang, tetapi pada 10 April 2020 hanya tercatat 1.592 penumpang, tampaknya Bulan April akan menjadi saat yang sulit bagi dunia penerbangan," jelas Dedy.

Selain itu, pembatasan operasional juga memaksa 16 dari 42 gerai perbelanjaan di Bandara SMB II Palembang tutup sementara demi menghindari kemungkinan terburuk dari turunnya trafik penumpang.

"Dengan kondisi seperti sekarang, bagaimanapun kami sebagai pengelola tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang dan pengguna jasa penerbangan," tambah Dedy.

Pihaknya juga meningkatkan protokol keamanan kesehatan dengan mewajibkan pemakaian masker bagi seluruh orang di lingkungan Bandara SMB II Palembang untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: Bandara Palembang pasang pemindai suhu, cegah Virus Corona

Baca juga: Meski jumlah penumpang anjlok, Bandara Palembang beroperasi normal

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020