Untuk MTQ Provinsi Sulut yang seharusnya dilaksanakan pada April 2020 di Kabupaten Kepulauan Sangine, kami sudah berkirim surat ke Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran​​​​​​​ (LPTQ) agar mempertimbangkan keadaan di lapangan hari-hari ini agar bisa ditun
Tahuna, Sulut (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) Jabes Ezar Gaghana mengatakan bahwa guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 yang mematikan itu maka sejumlah agenda penting pemerintah daerah, termasuk ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulut harus ditunda pelaksanaannya.

"Pemerintah daerah harus selalu pro aktif dalam menangkal berbagai ancaman serius terhadap masyarakat Sangihe, termasuk virus COVID-19 sehingga beberapa agenda, termasuk MTQ tingkat Provinsi Sulut 2020 harus ditunda pelaksanaannya," kata Bupati Kepulauan Sanghihe Jabes Gaghana di Tahuna, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu.

Penundaan agenda tersebut, kata bupati, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal itu adalah langkah preventif Pemkab Kepluauan Sangihe dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Dia mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulut sesuai rencana dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe pada awal bulan April 2020.

Selain itu, kata bupati, program unggulan Pemkab Kepulauan Sangihe Me’daseng yang seharusnya dilaksanakan setiap bulan juga ditunda.

“Untuk MTQ Provinsi Sulut yang seharusnya dilaksanakan pada April 2020 di Kabupaten Kepulauan Sangine, kami sudah berkirim surat ke Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) agar mempertimbangkan keadaan di lapangan hari-hari ini agar bisa ditunda pelaksanaannya," katanya.

Sedangkan beberapa kegiatan administratif di organisasi perangkat daerah (OPD) masih tetap berjalan.

"Kegiatan setiap OPD untuk pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa," demikian Jabes Gaghana.
​​​​​​​
Baca juga: Dinkes Sangihe minta masyarakat rajin berolahraga, cegah corona

Baca juga: Pusat informasi turis di Sangihe, perbatasan RI-Filipina operasional

Baca juga: Muslim Manado Gelar Tumbilotohe Sambut Lebaran

Baca juga: Baznas bentuk kampung pesantren di wilayah perbatasan Sulut

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020