Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo Jawa Timur, memprediksikan jika sejumlah wilayah di Jawa Timur bakal terjadi hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang dalam tiga hari mendatang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Selasa mengatakan sejak awal pekan ini beberapa wilayah di Jawa Timur masih terjadi hujan deras.

"Terutama pada saat sore dan juga malam hari hujan masih terjadi," katanya.

Baca juga: BMKG keluarkan imbauan peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah

Ia menjelaskan, sejumlah wilayah di Jawa Timur itu di antaranya adalah Kota Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Kota Kediri.

"Pada hari ini hujan juga diprediksikan terjadi di Ngawi, Magetan, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi lintas sektoral terkait dengan potensi bencana alam yang mungkin terjadi saat musim hujan ini.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak pemangku kepentingan seperti BPBD guna memberikan informasi terbaru tentang kondisi cuaca di wilayah Jatim," katanya.

Menurutnya, tidak hanya BPBD tetapi juga dilakukan koordinasi di wilayah penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur.

"Penerbangan memang sangat membutuhkan prediksi cuaca terbaru demi keselamatan penerbangan," katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat supaya terus mewaspadai perubahan cuaca ini terutama saat terjadi angin kencang.

"Koordinasi tetap perlu dilakukan supaya bencana alam bisa diminimalisir dampak dan akibatnya," katanya.

Baca juga: BMKG prediksi wilayah Jabodetabek cerah pada Selasa pagi
Baca juga: Hujan diprediksi guyur Jakarta mulai siang hingga dini hari

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020