Itu sampel darah dari 188 peserta observasi kapal World Dream
Jakarta (ANTARA) - Tim kesehatan dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) mengambil sampel darah pekerja kapal World Dream dari Pulau Sebaru kecil ke laboratorium di Jakarta.

Pantauan Antara dari Pulau Lipan, Selasa siang, sampel darah itu diantar Kopaska Koarmarda I ke KRI Semarang-594. Selanjutnya, sampel darah itu dibawa menggunakan helikopter milik KRI Semarang-594 ke Jakarta.

"Itu sampel darah dari 188 peserta observasi kapal World Dream yang sebelumnya belum selesai diambil," kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Budi Silvana.

Budi menjelaskan pemeriksaan sampel darah itu hanya melengkapi pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya, karena semua awak kapal itu negatif dari virus Corona.

Baca juga: Peserta observasi virus corona belum turun dari KRI dr Soeharso-990

Peserta observasi dari 188 pekerja kapal World Dream dari Hongkong sudah memulai proses observasi sejak Jumat (28/2). Mereka didampingi 87 petugas kesehatan selama 14 hari observasi.

Sebelumnya, sebanyak 69 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess yang akan melakukan proses observasi Corona Virus (Covid-19) di Pulau Sebaru kecil, belum diturunkan dari KRI dr Soeharso-990.

Pada pukul 10.30 WIB, terlihat KRI dr Soeharso-990 berlabuh sekitar tiga kilometer dari dermaga Pulau Sebaru kecil. 

Kapal itu berada sekitar satu kilometer dari KRI Semarang-594 sebagai pusat komando selama proses observasi di Pulau Sebaru kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Baca juga: Tiba di Sebaru, KRI dr Soeharso bawa 69 ABK Diamond Princess

KRI dr Soeharso-990 tiba di Pulau Sebaru, Senin (2/3) sekitar pukul 18.00 WIB. Kapal itu datang dari arah Tenggara Pulau Sebaru dan berlabuh tepat diantara pulau Sebaru kecil dan Pulau Pantara. 

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020