Ada kejutan pada personalia pengurus DPP PAN

Ada kejutan pada personalia pengurus DPP PAN

Dokumentasi Ketua Majelis Penasehat Partai PAN periode 2020-2025, Hatta Rajasa, bersama Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, bersama kader lain PAN lain usai penutupan Kongres V PAN, di Kendari, Sulawesi Tenggara. ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Politisi PAN, Totok Daryanto, mengatakan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, telah menandatangani surat keputusan terkait susunan kepengurusan partai tersebut periode 2020-2025 dan akan ada kejutan dalam susunan kepengurusannya.

Menurut dia, susunan kepengurusan PAN lima tahun ke depan akan diisi kader muda-tua, dan ada unsur dari pendukung Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajad Wibowo.

"Surat Keputusan (susunan kepengurusan PAN 2020-2025) sudah ditandatangani Zulkifli Hasan, tapi nama-nama tunggu pengumunannya, akan ada kejutan," kata Daryanto kepada ANTARA, di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Zulkifli Hasan sebut kericuhan Kongres V PAN dari orang luar partai

Ia mengatakan susunan kepengurusan DPP PAN itu akan mengandung kejutan karena dalam komposisinya terwakili seluruh kader partai sehingga menggambarkan tidak ada konflik di internal partai tersebut.

Menurut dia, susunan kepengurusan DPP PAN 2020-2025 akan diumumkan 1-2 hari ke depan lalu dilanjutkan dengan mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: Hatta Rajasa target Pemilu 2024, PAN masuk tiga besar

"Ya kejutan karena diberitakan Kongres Ke-V PAN ricuh dan ada insiden lempar-lemparan kursi namun ternyata berakhir dengan happy ending," ujarnya.

Menurut dia, setelah Kongres Ke-V PAN, pesan yang tersampaikan ke publik seolah-olah partai politik akan pecah seperti pada PPP dan Partai Golkar. Namun Ia menegaskan, kesan PAN pecah, akan terbantahkan dengan susunan atau komposisi pengurus PAN yang mencerminkan suasana kondusif.

Selain itu menurut dia, Hasan dalam menyusun kepengurusan mendengarkan masukan dari kader dan senior partai namun dengan Amien Rais belum bertemu untuk berbicara.

Baca juga: Tutup Kongres V PAN, Zulhas minta maaf pada Amien Rais

"Sampai hari ini belum bertemu (dengan Amien Rais) namun sebentar lagi bertemu. Hal terpenting bukan soal bertemu atau tidak dengan Amien Rais namun kader kompak atau tidak," katanya.

Daryanto membantah susunan pengurus PAN 2020-2025 yang mengakomodir kubu-kubu lawan karena ada potensi konflik internal partai yang akan semakin besar.

Baca juga: Zulhas: PAN mitra yang kritis, tidak masuk pemerintah, tidak oposisi

Menurut dia, semua kader menghormati hasil Kongres Ke-V PAN dan setelah Hasan menang dalam kontestasi pemilihan ketua umum DPP PAN 2020-2025, banyak pihak yang merapat dan menyampaikan selamat secara langsung.

"Ada yang menyampaikan selamat secara langsung seperti DPW PAN Jawa Timur, bahkan Mulfachri dan Zulkifli langsung rangkulan setelah kongres," katanya.

Baca juga: Hatta minta kader PAN bersatu usai Kongres V
Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020