Palu (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP NasDem Ahmad M Ali batal maju sebagai kandidat bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) meski telah mendapat dukungan penuh dari DPW NasDem Sulteng.

"Saya berterima kasih kepada DPW NasDem Sulteng bahwa saya pernah diberi mandat lewat keputusan rapat kerja wilayah DPW NasDem Sulteng untuk maju sebagai calon gubernur. Mandat itu saya kembalikan ke DPW Nasdem Sulteng," ucap Ahmad Ali saat menyampaikan sambutan pada seremonial pembukaan Rakerwil DPW NasDem Sulteng di Palu, Sabtu.

Rapat kerja wilayah Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tengah (Sulteng), yang melibatkan seluruh pengurus NasDem tingkat kabupaten/kota se-Sulteng tahun 2019 lalu, menetapkan dan merekomendasikan Ahmad M Ali bertarung di pemilihan kepala daerah serentak, sebagai bakal calon Gubernur Sulteng periode 2020-2025.

Pascarakerwil, DPW NasDem Sulteng telah mendaftarkan Ahmad Ali di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Perindo sebagai calon gubernur, dipimpin langsung oleh Ketua DPW NasDem Sulteng Atha Mahmud.

Namun, Ahmad M Ali tidak mendapat persetujuan untuk maju sebagai calon gubernur Sulteng dari Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh. Surya Paloh mengangkat Ahmad Ali sebagai Wakil Ketua Umum DPP NasDem.

Atas hal itu, Ahmad Ali yang telah digadang-gadangkan akan bertarung di pilkada Sulteng, batal maju dan mengembalikan mandat dari DPW NasDem Sulteng.

"Oleh DPP NasDem saya tidak diizinkan untuk maju sebagai calon gubernur Sulteng," katanya.

Ketua Fraksi NasDem di DPR-RI itu menyebut keputusan DPP NasDem sangat menyakitkan baginya serta membuat banyak orang utamanya di Sulteng kecewa.

Walaupun demikian, Ahmad mengatakan dirinya tunduk dan patuh terhadap keputusan partai sebagai bentuk dari konsekuensi suatu organisasi.

"Ketika partai telah mengambil keputusan, maka keputusan itu tidak boleh lagi didiskusikan, melainkan dilaksanakan. Karena itu, semua kader harus mengesampingkan kemauan pribadinya, kepentingan pribadinya dan utamakan kepentingan partai," sebutnya.

Dirinya menyebut bahwa DPP NasDem telah merekomendasikan Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir untuk maju dan bertarung di Pilkada Sulteng sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

Ahmad Ali mendukung penuh pasangan Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir. Ia mengajak kepada seluruh kader untuk memenangkan pasangan tersebut di Sulteng.

Baca juga: NasDem usung petahana di Pilkada Batam 2020

Baca juga: F-NasDem: Revisi UU KPK tidak memperlemah KPK

Baca juga: NasDem sebut pemindahan ibu kota berikan efek positif

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020