KCN bekerja sama dengan BKKP dan KSOP Marunda cegah virus corona

KCN bekerja sama dengan BKKP dan KSOP Marunda cegah virus corona

Ilustrasi - Bahaya virus corona yang mematikan. ANTARA/Shutterstock/am.

Jakarta (ANTARA) - PT Karya Citra Nusantara (KCN) bekerja sama dengan Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda, melakukan kampanye pencegahan penularan virus corona di Terminal Umum PT KCN Marunda.

Kampanye dilakukan karena perhubungan laut, perhubungan udara adalah garda terdepan dari masuknya orang orang asing ke wilayah Indonesia.

Kepala Subbagian (Kasubag) Tata Usaha KSOP Marunda Margono dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat, menjelaskan kampanye pencegahan penularan virus corona di pelabuhan itu dilakukan karena menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut No. 5 tahun 2020 dalam rangka mengurangi dan juga pencegahan penularan virus corona yang sedang mewabah di banyak negara.

Terpilihnya lokasi di dalam pelabuhan PT KCN dilakukan karena Pelabuhan PT KCN berada di titik yang strategis yaitu berada di titik tengah di Daerah Kusus Ibukota (DKI). "Pelabuhan PT KCN kebetulan termasuk berada di tengah tengah untuk di wilayah DKI yah," kata Margono.

Margono juga mengungkapkan selain di pelabuhan Marunda kampanye tersebut juga dilakukan di pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian juga di Pelabuhan Tanjung Priuk.

Untuk kapal kapal asing yang masuk ke pelabuhan marunda, itu hanya masuk di pelabuhan Marinda Center yang sebelumnya sudah melalui pelabuhan Tanjung Priuk.

"Mengeceknya di sana jadi masuk pelabuhan Marunda sudah steril dan awaknya tidak diizinkan turun, jadi mereka sandar, bongkar muatan setelah bongkar muat, mereka akan berangkat lagi," katanya.

Margono berharap tidak hanya berhenti di pelabuhan Marunda saja tetapi akan terus mengkampanyekan pencegahan dengan terus melakulan program berkelanjutan di semua sektor.

"Ke depannya kita berharap dari BKKP juga ada program kelanjutannya di semua sektor," kata Margono.

Penguji Kesehatan Pelaut Indonesia BKKP dr. Alfian Husin, MARS, mengatakan lLangkah preventif jauh lebih penting dari pada kuratif (pengobatan)

dr. Alfian mengungkapkan untuk menghindari atau mencegah terjangkitnya virus corona yang berasal dari China tersebut harus melakukan tiga hal yaitu cuci tangan dengan benar, jaga kesehatan dan mengunakan masker. "Itu yang paling efektif untuk pencegahan," kata dr. Alfian.

Baca juga: RUPSLB PT KCN ditunda sebulan

Baca juga: KCN: SDM kelautan perlu kuasai kompetensi "ocean going"

Baca juga: KCN dan STIP kerja sama tingkatkan kompetensi SDM kemaritiman

Baca juga: PT KCN tetap konsisten bangun Pelabuhan Marunda

 
Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020