Badung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung mengumumkan pemenang lomba vlog sosialisasi Pilkada 2020 dan lomba aransemen ulang jingle "Nayakottama" yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai, piala, dan kesempatan untuk penggarapan ulang hasil karyanya secara profesional melalui studio rekaman.

"Lewat lomba vlog dan aransemen ulang jingle Pilkada Badung ini sebagai upaya kami untuk melibatkan generasi milenial dalam menyosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tanggal 23 September 2020," kata Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta di Mangupura, Badung, Bali, Minggu.

Baca juga: KPU Badung libatkan milenial ikuti lomba vlog sosialisasi Pilkada 2020

Komisioner KPU Kabupaten Badung dan "event organizer" menilai karya peserta lomba berdasarkan sejumlah kriteria seperti originalitas karya, potensi viralitas, keahlian dalam pembuatan, kesesuaian materi dan tema.

Untuk lomba aransemen ulang jingle Nayakottama, total ada 6 karya yang telah disetorkan peserta dan lomba vlog ada 14 karya yang dikompetisikan.

Berdasarkan hasil penjurian, untuk lomba aransemen ulang jingle, juara 1 diraih I Putu Kusuma Adi Permana dari SMAN 2 Mengwi, juara 2 diraih Made Santiasa (SMAN 2 Kuta Selatan), dan juara 3 diraih I Kadek Juli Adi Swara (SMAN 2 Abiansemal).

Baca juga: KPU Badung gelar Jambore Demokrasi sasar pemilih pemula

Untuk lomba vlog, peserta kelompok dari SMAN 2 Kuta Selatan dengan karya berjudul Buka Pikiran Tuk Badung Tercinta meraih juara 1, sedangkan kelompok dari SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung dengan judul vlog Badung For The World meraih juara 2, dan peserta dari SMAN 2 Abiansemal dengan judul vlog Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung meraih juara 3.

"Kami sadari bahwa generasi milenial saat ini butuh ruang ekspresi dan kreasi, sehingga dengan adanya lomba ini, KPU Kabupaten Badung berharap semakin banyak generasi milenial yang peduli untuk membangun kesadaran terhadap isu-isu demokrasi dan politik di Badung," ujar pria yang akrab dipanggil Kayun itu.

Baca juga: KPU Badung manfaatkan "Hari Valentine" sasar generasi milenial

Dia menambahkan, di pundak generasi muda juga, masa depan Badung dipercayakan. Melalui Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 23 September 2020 mendatang, diharapkan dapat terpilih pemimpin Badung yang sesuai dengan nilai-nilai "Asta Brata" atau delapan ajaran tentang kepemimpinan menurut Hindu.

Pemenang lomba selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piala, juga berkesempatan untuk penggarapan ulang hasil karyanya secara profesional melalui studio rekaman.

"Bahkan hingga peluang untuk dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020," kata Kayun.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020