Wartawan Probolinggo peringati HPN dengan upacara bendera

Wartawan Probolinggo peringati HPN dengan upacara bendera

Wartawan Probolinggo menggelar upacara bendera dengan inspekktur upcara Kapolresta Probolinggo AKBP Ambariyadi Wijaya dalam rangka HPN di Kota Probolinggo, Senin (10/2/2020) (ANTARA/ HO-Polres Probolinggo Kota)

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Wartawan Probolinggo memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dengan menggelar upacara bendera yang dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah di halaman Museum Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya menjadi inspektur upacara yang dihadiri Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Wakil Wali Kota M Saufis Sobri, Dandim 0820 Probolinggo Kolonel Inf Imam Wibowo, Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, perwakilan kejaksaan, dan Ketua MUI, dan Kapolsek.

Baca juga: Polres Jakarta Utara dan jurnalis rayakan HPN 2020

"Hari ini teman-teman wartawan membuat saya bangga karena setahu saya baru kali ini puluhan insan pers dari berbagai media bergabung menjadi satu menyelenggarakan upacara dalam rangka HPN, bahkan petugas upacara dari wartawan semua dan itu patut diapresiasi," kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya di Kota Probolinggo.

Menurutnya pers yang bertanggungjawab adalah benteng terbaik bagi masyarakat untuk menampik informasi bohong atau hoaks, sehingga di era lompatan kemajuan teknologi dan era melimpahnya informasi dan mis-informasi, maka peran pers makin diperlukan sebagai penyampai kebenaran, penegak fakta, penyampai aspirasi masyarakat serta pemersatu bangsa.

"Dalam momen perayaan HPN, kami mengajak insan pers untuk bersama-sama bersinergi dalam upaya menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota, agar tetap aman dan kondusif, serta mendukung iklim investasi dan ekonomi kreatif demi kemajuan bangsa," ucap mantan Kasubdit Indagsi Polda Jatim itu.

Baca juga: Rahma Sarita ajak wartawan tetap solid dengan idealisme

Sementara Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin berharap jurnalis Probolinggo selalu menyajikan berita yang mengedukasi karena masyarakat dapat memilah serta memilih berita mana yang benar.

"Ayo bersama membangun kota, mengenalkan wisata yang ada. Dengan kebersamaan itu, bisa membangun Kota Probolinggo dan mari saling bersinergi," tuturnya.

Wali kota Probolinggo juga mengaku kagum dengan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan tersebut dan tidak hanya upacara itu saja, rangkaian HPN 2020 akan berlangsung hingga 17 Februari 2020 dengan penanaman pohon anggur di Kota Probolinggo.

Ketua Panitia HPN ke-74 Probolinggo Richard mengatakan upacara bendera sebagai salah satu rangkaian dari peringatan HPN tahun 2020 dan upacara bendera menjadi pilihan perayaan HPN ke-74 sebagai penguat nasionalisme wartawan Probolinggo dalam pembangunan bangsa dan negara guna menangkal paham anti Pancasila.

Mengakhiri upacara tersebut, ada juga penampilan musikalisasi puisi jurnalis yang menggambarkan tentang profesi jurnalis yang dilihat dari berbagai sudut pandang.

Baca juga: Ide mendorong wartawan menulis buku mencuat pada HPN 2020
Baca juga: HPN 2020 toreh sejarah hadirkan banyak tokoh nasional dan duta besar
Baca juga: Booth ANTARA di pameran HPN diserbu peserta lomba presenter TV
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020