Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (8/2/2020) kemarin, mulai dari penerbitan izin penerbangan penjemputan Warga Negara China di Bali hingga Pemerintah Indonesia mengharapkan kemitraan ekonomi IA-CEPA tingkatkan investasi Australia.

1. Kemenhub terbitkan izin penerbangan penjemputan warga China di Bali

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Udara telah menerbitkan persetujuan terbang bagi pesawat dari China untuk menjemput warga negaranya yang masih berada di Bali.

"Kemenhub telah menerbitkan persetujuan Penerbangan Irreguler dari Guangzhou-Denpasar-Wuhan (CAN-DPS-WUH) guna mengangkut Warga Negara China yang berada di Bali. Penerbangan dilakukan oleh maskapai China Eastern Ailines dengan tipe pesawat B 737-800 NG," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan dalam keterangan etrtulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Stabilkan harga, Kementan gelontorkan cabai di enam pasar DKI Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menggelontorkan cabai rawit merah dan cabai merah keriting di enam pasar DKI Jakarta, guna menstabilkan harga komoditas tersebut.

"Kami menggelontorkan cabai langsung ke pasar eceran supaya lebih tepat sasaran dan harga jual juga cepat kembali normal," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

3. BEI: Pekan pertama Februari IHSG tumbuh positif, ini indikatornya Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan perdagangan saham pada pekan pertama Februari 2020 berhasil ditutup positif, yang ditunjukkan dengan kembali naiknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Ini ditandai dengan bangkitnya IHSG pada pekan ini yang mengalami peningkatan sebesar satu persen menjadi 5.999,6 dari 5.940,05 pada penutupan perdagangan pekan lalu," kata Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sudono dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

4. HIPMI kerahkan pengusaha bangun Kalsel jadi gerbang Ibu Kota Negara Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H Maming menyambut gembira Kalimantan Selatan telah meneguhkan diri sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara yang baru.

"Momentum Hari Pers Nasional tahun ini sangat tepat menjadikan Kalsel gerbang Ibu Kota Negara. HIPMI begitu gembira dan siap ikut membangunnya," kata Mardani di Banjarbaru, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

5. RI harapkan kemitraan ekonomi IA-CEPA tingkatkan investasi Australia Pemerintah RI berharap Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) dapat meningkatkan investasi perusahaan-perusahaan Australia di Indonesia.

"Selama ini investasi dari Australia jumlahnya tidak masuk ke dalam 5 besar sekitar 400-700 juta dolar AS, dengan IA-CEPA diharapkan dapat membangkitkan minat Australia," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Canberra, Australia pada Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2020