Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan bahwa pembukaan MTQ Nasional XXVIII akan diselenggarakan pada 22 Agustus 2020.

"Menteri Agama menyarankan 22 Agustus 2020. Kita di Sumbar tentu saja siap," katanya saat dihubungi dari Padang usai rapat dengan Mentri Agama di Jakarta, Selasa.

Ia menyebut bahwa pembukaan MTQ Nasional XXVIII akan digelar di Stadion Utama Sikabu yang berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman atau sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Minangkabau.

Pembangunan venue itu saat ini sedang dikebut dan akan selesai dan bisa digunakan pada saat pembukaan digelar 22 Agustus 2020.

Selain itu Irwan juga memaparkan kesiapan 12 venue yang akan digunakan untuk menggelar perlombaan. Venue utama berada di Mesjid Raya Sumatra Barat dan sejumlah masjid Kota Padang.

"Semua sudah siap, termasuk dukungan transportasi, shuttle bus, rumah sakit rujukan hingga destinasi wisata di Sumbar," kata Irwan.

Selain pelaksanaan MTQ, kata Irwan, Mentri Agama juga menyarankan dalam moment itu juga digagas pertemuan antara tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk merajut semangat kebersamaan dalam perbedaan, toleransi dan cinta NKRI.

"Ide ini akan segera kita bicarakan. Kita tentu mendukung penuh," ujar Irwan.

Kepala Dinas PU Sumbar Fathol Bari menyebut pembangunan stadion utama di Padang Pariaman masih dalam proses. Namun ia meyakinkan pembangunan bisa selesai tepat waktu untuk bisa digunakan.

"Nanti memang belum 100 persen, tetapi bisa digunakan untuk pembukaan MTQ," katanya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020