Untuk Proyek Pembangkit Listrik 100 MW di Togo
         
     NEW YORK, 23 Desember (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- ContourGlobal hari ini mengumumkan bahwa ContourGlobal Togo, anak perusahaan sepenuhnya, menandatangani perjanjian pembiayaan yang tidak melindungi (non recourse) dengan Overseas Private Investment Corporation (OPIC) untuk pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 100 MW milik ContourGlobal di Lome, Togo.

     Proyek ContourGlobal di Togo akan menjadi penanaman modal asing besar-besaran pertama di Togo dalam waktu lebih dari satu dekade dan menjadi salah satu dari investasi paling signifikan di sektor tenaga listrik Afrika Barat dalam lebih dari dua puluh tahun. Proyek ini melibatkan rancangan, pembangunan, dan operasi pembangkit listrik tenaga uap baru berkapasitas 100 MW, yang akan menghasilkan listrik kira-kira 780 gigawatt jam setiap tahun dan akan membantu negara-negara Afrika Barat mengatasi kelangkaan listrik yang mengakibatkan pemadaman bergilir serta menghambat pertumbuhan ekonominya. Proyek ini berlokasi di kawasan yang ingin sekali mencari sumber tenaga listrik yang lebih murah dan bisa diandalkan. Pabrik yang dibangun oleh ContourGlobal ini akan menambahkan banyak sumber listrik yang bersih, bisa diandalkan, dan murah serta menganekaragamkan sumber tenaga listrik di kawasan tersebut.

     Proyek ini akan mulai dibangun pada Januari 2009 dan diharapkan akan beroperasi pada Desember 2009. Ia akan diperkuat oleh enam mesin Wartsila 18V50DF (masing-masing berkapasitas 16,6 MW), yang memiliki kemampuan membakar tiga bahan bakar dan dapat beroperasi pada gas alam, minyak bahan bakar berat, dan minyak diesel terdistilasi. Proyek ini akan beroperasi pada minyak bakar berat sampai gas alam tersedia melalui Pipa Saluran Gas Afrika Barat. ContourGlobal Togo mengadakan perjanjian konsesi dan pembelian listrik berjangka waktu 25 tahun di mana ia akan menjual listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik ini ke perusahaan distribusi listrik Togo, Compagnie Energie Electrique du Togo.

     Joseph Brandt, Presiden sekaligus Kepala Eksekutif ContourGlobal, menyatakan, "Mengadakan perjanjian pinjaman dengan OPIC ini di tengah-tengah gejolak yang tak dapat diperkirakan di pasar kredit global menunjukkan bahwa terdapat pembiayaan bagi proyek yang terstruktur baik di negara berkembang. Kami menghargai hubungan dengan OPIC dan bersyukur kepada mereka atas kepemimpinan mereka dengan dukungan proyek pertama ini. Kami ingin bekerjasama dengan mereka sehubungan dengan proyek tambahan dalam beberapa tahun mendatang."
   
     Craig Huff, Kepala Eksekutif Bersama Reservoir Capital Group sekaligus Presiden Komisaris ContourGlobal, mengatakan, "Kebutuhan tenaga listrik Afrika adalah yang terbesar di dunia. Dengan bantuan lembaga seperti OPIC, para penanam modal dapat memperoleh modal kembali yang disesuaikan resiko sementara mengurangi biaya listrik di kawasan tersebut. ContourGlobal punya jaringan luas proyek pembangkitan listrik baru di Afrika dan kami ingin menanam modal lebih lanjut di kawasan ini."
   
     ContourGlobal mengembangkan dan mengoperasikan usaha pembangkit tenaga listrik dan pemanasan wilayah di seluruh dunia serta memfokuskan baik pada pasar yang tumbuh pesat dan kurang terlayani maupun ceruk inovatif di pasar negara berkembang - seperti energi terbarukan dan Panas dan Tenaga Listrik Gabungan (CHP). Perusahaan ini terdiri atas delapan bisnis di empat benua dengan kapasitas pembangkitan listrik kira-kira 1.000 MW dan jaringan aktif bisnis pengembangan baru berkapasitas 10.000 MW.

     Reservoir Capital Group adalah firma investasi swasta dengan kira-kira $4 miliar yang tengah dikelola sekaligus pemegang saham mayoritas ContourGlobal.

     Overseas Private Investment Corporation, yang didirikan sebagai badan pemerintah AS pada 1971, membantu perusahaan di AS menanam modal di luar negeri, membina perkembangan ekonomi di pasar baru dan yang bangkit, melengkapi sektor swasta dalam menangani resiko sehubungan dengan penanaman modal asing langsung, serta mendukung kebijakan luar negeri AS. Asuransi resiko politik dan pembiayaan OPIC membantu perusahaan di AS dari segala ukuran berinvestasi di lebih dari 150 pasar yang bangkit dan negara berkembang di seluruh dunia.

     Kunjungi ContourGlobal di web di www.contourglobal.com
   
     SUMBER: ContourGlobal
   
     KONTAK: Jackie Carter
                    +1-212-307-2522


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2008