Pasien atau ibu bayi memang tidak tenang lalu tidak kuat menanah sakit sehingga ada tekanan dan mengenai kepala bayi saat petugas akan mengambil tindakan amniotomi,
Pulau Punjung (ANTARA) - Pihak RSUD Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyebutkan jahitan pada kepala bayi memang karena luka akibat terkena alat medis dalam proses persalinan yang dilakukan di RSUD setempat pada Jumat (10/1).

"Hasil penelusuran yang kami lakukan, luka pada kepala bayi memang terkena alat medis dimana saat petugas mengambil tindakan amniotomi atau memecahkan air ketuban ibu bayi," kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Sungai Dareh, Milana Gafar di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia menambahkan pasien tersebut masuk ke RSUD Sungai Dareh pada Jumat (10/1), dan merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Koto Baru.

Baca juga: LPSK prihatin masih adanya praktik perdagangan bayi

Artinya, ujar dia jika itu pasien rujukan pihak puskesmas tidak mampu untuk menangani pasien sehingga perlu tindakan lebih lanjut.

Kemudian, lanjut dia proses persalinan dilakukan tengah malam. Sesuai ketentuan pasien memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Lebih lanjut, ia menjelaskan dalam proses persalinan dimana petugas akan mengambil tindakan amneotomi saat itu pula pasien tidak kuat menahan sakit kemudian banyak bergerak dan meronta lalu mengenai alat medis dan menyebabkan luka pada bagian kepala.

"Pasien atau ibu bayi memang tidak tenang lalu tidak kuat menanah sakit sehingga ada tekanan dan mengenai kepala bayi saat petugas akan mengambil tindakan amniotomi," ungkap dia.

Pihaknya juga tidak menampik kejadian tersebut dapat dihindari apabila dalam persalinan normal pasien selalu tenang dan mengikuti instruksi petugas, tambah dia.

"Sebenarnya hal seperti ini memang jarang terjadi, namun bisa dihindari," ujarnya.

Baca juga: Bayi temuan di Ngemplak diserahkan ke Dinsos Sleman

Ia mengatakakan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter luka yang dialami bayi tersebut sudah mengering dan jahitanya juga sudah dibuka.

"Sudah diperiksa dokter bedah, lukanya bagus, sudah kering dan tidak ada masalah," lanjutnya.

Sementara, DPRD Kabupaten Dharmasraya meminta pihak RSUD Sungai Dareh segera menjelaskan dugaan kelalaian yang terjadi pada pelayanan persalinan yang menyebabkan seorang bayi mendapat jahitan di bagian kepala.

"Pihak rumah sakit harus klarifikasi, agar informasi ini tidak menjadi asumsi liar di tengah masyarakat. Jika memang ada unsur kelalaian harus diproses sesuai ketentuan yang berlaku, kalau memang tidak RSUD juga harus menyampaikan kepada masyarakat," jelas Ketua Komis III DPRD Dharmasraya, Rosandi Sanjaya Putra.

Anggota Komisi III DPRD Dharmasraya, Ferryko Effendi menambahkan, pihak menyayangkan jika memang adanya dugaan kelalaian yang dilakukan petugas rumah sakit sehingga merugikan pasien.

Sebelumnya, seorang bayi di Kabupaten Dharmasraya mendapatkan tujuh jahitan di bagian kepala karena diduga tersayat alat medis saat menjalani persalinan normal di RSUD Sungai Dareh.

Baca juga: Polisi ungkap perdagangan bayi di Palembang

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020