Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bali United Stefano Cugurra "Teco" menyambut baik terkait pelaksanaan Liga 1 Indonesia musim 2020 yang rencananya akan mulai bergulir lebih awal yakni pada 29 Februari mendatang.

"Tahun ini jika Liga 1 dimulai lebih awal tentu lebih bagus untuk semua tim," ujar Teco dilansir dalam laman resmi Bali United, Sabtu.

Rencana bergulirnya liga lebih cepat itu disampaikan langsung Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan. Meski begitu mekanisme kompetisi Liga 1 musim ini akan kembali dimatangkan pada Kongres PSSI 2020 di Kuta, Bali.

Baca juga: Ketum PSSI: Liga 1 dimulai awal agar kompetisi lebih baik

Teco mengatakan kepastian adanya jadwal resmi akan membantu seluruh pelatih untuk lebih cepat menyiapkan tim, sembari berharap tak ada lagi pengunduran-pengunduran jadwal.

Ia membandingkan Liga 1 musim lalu banyak mengalami kemunduran dan ketidakpastian. Dampaknya pun terasa dari jadwal yang sangat padat untuk mengejar kompetisi selesai di akhir tahun.

"Kami masih harus menunggu jadwal resmi yang dirilis dari LIB. Jika sudah resmi, tentu akan memudahkan tim pelatih di masing-masing tim untuk mempersiapkan tim untuk kompetisi Liga 1 tahun 2020 ini," kata dia.

Baca juga: Bali United kalah 0-5 dari Melbourne Victory

Disinggung mengenai persiapan di babak penyisihan Grup G Piala AFC 2020, pelatih asal Brazil ini mengatakan bila persiapan timnya secara menyeluruh cukup baik.

Ia pun mengatakan bila tim berjuluk Serdadu Tridatu itu memerlukan laga uji coba sebelum menjalani laga perdana Piala AFC 2020.

"Kami mulai persiapan tim seperti biasa yaitu pada latihan fisik, teknik dan taktik. Saya pikir dalam persiapan ini memang perlu diagendakan satu atau dua pertandingan uji coba sebelum menjalani pertandingan pertama di Piala AFC 2020," kata dia.

Baca juga: Menang dramatis, Bali United melaju ke babak kualifikasi kedua LCA

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020