Indonesia resmi miliki PB Esports

Indonesia resmi miliki PB Esports

Para Pengurus Besar (PB) Esports berfoto bersama selepas acara pelatikan PB Esports Indonesia di Jakarta, Sabtu (18/1/2020). ANTARA/Shofi Ayudiana

Jakarta (ANTARA) - Indonesia secara resmi memiliki Pengurus Besar (PB) Esports yang akan menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional.

Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan di Jakarta, Sabtu, selaku Ketua Umum PB Esports mengatakan, pembentukan pengurus ini merupakan langkah awal untuk membangun esports ke arah yang lebih positif.

"Pelantikan ini merupakan momentum untuk membangun esports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan bangsa di berbagai sektor," ujar Budi dalam sambutannya saat pelantikan PB Esports Indonesia.

Baca juga: Piala Presiden Esports 2020 memasuki final kualifikasi regional barat

Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu juga mengatakan pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur esports agar lebih jelas dan terarah sehingga bisa lebih banyak menorehkan prestasi di level internasional.

"PB Esports harus mampu menghadapi tantangan dan kendala, dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya Pembangunan esports training center yang berstandar internasional," katanya menambahkan.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, ketika esports untuk pertama kalinya menjadi salah satu cabang resmi yang dipertandingkan, Kontingen Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak.

Budi berharap prestasi itu dapat terus ditingkatkan pada kejuaraan lain terutama Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024, di mana cabang esports dipastikan akan dipertandingkan.

Hadir juga dalam pelantikan tersebut Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Dewan Pembina Esports Sandiaga Uno, serta perwakilan dari 23 tim Esports Indonesia.

Baca juga: Free Fire Master League 1 resmi digelar, berhadiah Rp1,2 miliar
Baca juga: BIG Akar lolos grand final Piala Presiden Esports 2020
Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020