Jakarta (ANTARA) - Media sosial milik Facebook, Instagram, menambah efek Boomerang mirip filter yang disediakan TikTok dalam platform videonya.

“Mulai hari ini, orang-orang di Instagram akan dapat berbagi mode Boomerang baru, SloMo, Echo dan Duo di Instagram," kata juru bicara Facebook, dikutip dari laman TechCrunch, Minggu.

Baca juga: TikTok 1,5 miliar unduhan, posisi ketiga global lampaui Instagram

Dari pantauan Antara, mode filter tersebut telah tersedia di aplikasi iOS Instagram versi 123.1. Sementara, pada aplikasi Android, mode filter tersebut belum tersedia.

Mode SloMo memberi kesan lambat pada Boomerang, sementara Echo memberi efek blur pada Boomerang, sedangkan Duo mempercepat Boomerang dengan memberikan efek khusus.

“Kamera Instagram Anda memberi Anda cara untuk mengekspresikan diri dan dengan mudah berbagi apa yang Anda lakukan, pikirkan, atau rasakan dengan teman-teman Anda,” ujar Facebook.

Baca juga: Instagram tambah filter dan stiker baru

“Boomerang adalah salah satu format kamera yang paling dicintai dan kami bersemangat untuk memperluas cara kreatif yang Anda bisa gunakan Boomerang untuk mengubah momen sehari-hari menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tak terduga,” lanjut Instagram.

Alat Boomerang baru tersebut dapat ditemukan pada bagian pembuatan Stories, kemudian geser untuk pilih Boomerang. Setelah mengambil video Boomerang, tombol simbol infinity akan muncul di bagian atas layar, sejajar dengan opsi untuk memberi tulisan pada Story.

Pilih simbol infinity tersebut, kemudian tiga mode filter Boomerang akan muncul. Anda dapat mengunggah video atau mengunduh video tersebut untuk disimpan.

Instagram Stories belakangan semakin rajin menghadirkan filter wajah dengan teknologi Augmented Reality. Kehadiran mode filter Boomerang ini menjadi langkah untuk menyaingi kehadiran TikTok yang kian menjadi fenomena global.

Baca juga: Instagram tutup akun model yang galang dana lewat foto bugil

Baca juga: Instagram beri label untuk konten hoaks

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020