Kebakaran landa toko alat olahraga di Pasar Baru

Kebakaran landa toko alat olahraga di Pasar Baru

Toko peralatan olahraga di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, yang terbakar diduga akibat arus pendek listrik (korsleting), Sabtu malam (11/1/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Kebakaran melanda sebuah toko peralatan olahraga di Pasar Baru, Kelurahan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Dari dalam sebuah toko peralatan olahraga berlantai tiga tiba-tiba mengeluarkan asap. Akibat kebakaran tersebut sebagian aktivitas jual-beli di Pasar Baru terhenti.

Perwira Pengendali dari Polsek Sawah Besar Ipda Andre mengatakan, kebakaran dilaporkan oleh petugas keamanan Pasar Baru pukul 19.30 WIB.

"Keamanan melihat ada kepulan asap dari Ruko Zenit, lalu dia coba mengecek sumber asap dengan menaiki atap Ruko Hongkong," kata Andre.

Dari pantauan tersebut dilihat sumber api berasal dari lantai atas Ruko Zenit yang menjual peralatan olahraga.

Polsek Sawah Besar menindaklanjuti laporan tersebut dengan menghubungi pihak pemadam kebakaran Jakarta Pusat.

Baca juga: Terjadi kebakaran rumah tinggal di Gunung Sahari
Baca juga: Sebuah toko di Blok 3 Pasar Senen dilalap si jago merah


Sebanyak delapan unit mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Sawah Besar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Api di dalam gudang dapat dipadamkan sebelum merembet ke pertokoan sebelahnya pada pukul 20.05 WIB.

"Untungnya api tidak sempat berkobar, hanya kebakaran di dalam saja, di lantai tiga, katanya gudang barang," kata Andre.
Situasi Pasar Baru usai kebakaran melanda sebuah toko alat olahraga di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu malam (11/1/2020). Kebakaran diduga akibat arus pendek listrik (korsleting). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan api cepat dipadamkan. Petugas keamanan bersama jajaran Polsek Sawah Besar yang dipimpin Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro Jalmaf melakukan sterilisasi di lokasi kebakaran dengan meminta pedagang untuk menghindari lokasi kejadian.

"Untuk antisipasi jangan sampai ada korban, kita minta pedagang untuk menjauh dulu," kata Andre.

Andre menyebutkan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran karena kondisi lokasi masih dalam pendinginan. Petugas Inafis dari Polsek Sawah Besar juga diturunkan untuk mencari tau penyebab pasti kebakaran.

"Dugaan sementara menurut keterangan Pak Ashok (pemilik toko) karena 'korsleting' listrik, mungkin dimakan tikus ditambah lagi sedang musim hujan," katanya.

Baca juga: 15 unit damkar padamkan kebakaran lapak Soto Betawi di Petamburan
Baca juga: Kebakaran di Johar Baru akibat api lilin saat mati listrik


Toko alat olahraga yang terbakar tersebut termasuk toko yang sudah berdiri lama di Pasar Baru.

Hingga berita ini diturunkan, situasi di Pasar Baru sudah kondusif. Namun pedagang kaki lima yang biasa berjualan di bagian depan Pasar Baru berhenti berjualan.

Sedangkan pedagang lainnya yang ada bagian belakang Pasar Baru tetap memilih beraktivitas seperti biasa.

"Syukur apinya cepat dipadamkan jadi tidak meluas kemana-mana. Jadi pedagang tidak kena imbasnya," kata salah seorang pedagang.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020