Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak pada tujuh kecamatan di sekitar Danau Tondano tersebut, juga melibatkan TNI dan berbagai komponen masyarakat lainnya
Manado (ANTARA) - Personel Polres Minahasa dan organisasi istri Polri Bhayangkari menggelar aksi bersih-bersih dan mengangkat eceng gondok di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat.

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak pada tujuh kecamatan di sekitar Danau Tondano tersebut, juga melibatkan TNI dan berbagai komponen masyarakat lainnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Minahasa Wina Denny Situmorang.

Personel Polres juga disebar pada tujuh kecamatan yang ada, yaitu Kecamatan Tondano Barat, Tondano Timur, Tondano Selatan, Eris, Remboken, Kakas dan Kakas Barat.

"Kegiatan ini semata-mata sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan. Kita tahu tanaman ini sangat menganggu aktifitas warga di daerah pesisir danau," kata Kapolres

Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan juga bisa dilakukan warga dan seluruh elemen masyarakat lainnya secara rutin sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup di Danau Tondano.

Sementara itu, saat rapat kerja dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, tahun 2019, seperti dilansir laman resmi DPR, ​anggota Komisi VII DPR RI Bara K. Hasibuan mendorong KLHK  untuk lebih memperhatikan kerusakan ekosistem di Danau Tondano, Provinsi Sulawesi yang semakin memrihatinkan.

Menurut Bara, Danau Tondano memerlukan perhatian lebih serius akibat pencemaran dan sedimentasi yang semakin masif. Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu menduga kerusakan yang terjadi di Danau Tondano adalah akibat dari aktivitas manusia yang ada di sana. Sehingga perlu ada penanganan agar kerusakan dapat diminimalisasi.

“Saya menduga ini disebabkan kegiatan manusia di sana. Seperti ada penebangan hutan dan aktivitas pertanian serta kegiatan menangkap ikan di Danau Tondano. Karena kan potensi ikan di sana luar biasa,” katanya.

Baca juga: 17 orang dievakuasi karena terjebak eceng gondok

Baca juga: Danau Tondano mendangkal, tinggal 12 meter!

Baca juga: Danau Tondano Terancam Pendangkalan oleh Lumpur


Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020