Penutupan terpaksa dilakukan karena kondisi cuaca yang semakin memburuk yang dapat mengancam keselamatan pengunjung
Temanggung (ANTARA) - Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung Kabupaten Temanggung dan jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ditutup karena cuaca ekstrem yang dapat membahayakan pendaki.

Ketua Grasindo, Riyan Indra Prayudha selaku pengelola jalur pendakian Kledung di Temanggung, Senin, mengatakan penutupan tersebut juga dimaksudkan untuk perbaikan dan menjaga ekosistem di sekitar jalur pendakian.

Baca juga: Antisipasi kebakaran, pengawasan pendakian Sindoro-Sumbing diperketat

Ia mengatakan penutupan jalur pendakian mulai 6 Januari 2020 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.

"Penutupan terpaksa dilakukan karena kondisi cuaca yang semakin memburuk yang dapat mengancam keselamatan pengunjung," katanya.

Menurut dia, penutupan jalur sekalian untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tanaman, satwa dan ekosistem.

"Kemungkinan penutupan jalur pendakian selama sebulan atau bahkan lebih karena kita juga akan melakukan reboisasi tanaman yang bisa menampung air mengingat kondisi desa di Kledung untuk sumber air yang dari Gunung Sindoro sangat minim," katanya.

Baca juga: Temanggung-Wonosobo siap deklarasi kelestarian Sindoro-Sumbing

Riyan mengatakan pembukaan jalur akan disampaikan kemudian, namun pembukaan setelah dilakukan evaluasi dengan melihat perkembangan cuaca dan keadaan jalur.

Sementara itu pengelola jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung, Kabupaten Wonosobo juga akan menutup jalur pendakian mulai 8 Januari 2020.

Koordinator Pengurus Pendakian Gunung Sumbing via Garung, Edi Prasetyo mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi pengelola jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung, Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar ditetapkan pendakian Gunung Sumbing via Garung ditutup sementara.

Baca juga: Festival Sindoro Sumbing hajatan ramah lingkungan

"Penutupan pendakian mulai 8 Januari 2020 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya karena kondisi cuaca buruk dan dapat membahayakan keselamatan pendaki atau pengunjung," katanya.

Ia menyampaikan penutupan kegiatan pendakian juga dimaksudkan untuk revitalisasi ekosistem serta perbaikan fasilitas pendakian Gunung Sumbing via Garung.

Baca juga: Ribuan penonton saksikan Sendratari Sindoro Sumbing

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020