Lokasi yang ditinjau Posko Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Internasional Kualanamu
Medan (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selama satu hari ini (Sabtu (4/1) melaksanakan kunjungan kerja ke empat lokasi di daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Lokasi yang ditinjau Posko Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara," ujar Budi, saat berada di Bandara Kualanamu, Sabtu.

Selanjutnya, Menteri Perhubungan (Menhub) dan rombongan menuju Stasiun Besar Medan menggunakan Kereta Bandara Railink.

Menhub menjadi pembicara utama di Stasiun Besar Medan, dalam acara Focuss Group Discussion (FGD) dengan tema: "Jalan Layang Kereta Api, Solusi Angkutan Massal Sekejap dan Nyaman, Lalu Lintas Lancar dan Aman.

Ia menyebutkan, dirinya melanjutkan kunjungan peninjauan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru di Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan, serta terminal Petikemas Belawan.

"Peninjauan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru di Terminal Terpadu Amplas Medan," katanya.

Sebelumnya, penumpang domestik di Bandara Internasional Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/1) H+1 Tahun Baru 2020 mencapai sebanyak 13.076 orang.

Data yang diperoleh dari Posko PT Angkasa Pura II (Persero) Kamis, menyebutkan dari jumlah 13.076 orang penumpang domestik itu yakni 5.506 orang yang datang, dan 7.570 orang berangkat.

Sedangkan, jumlah pesawat domestik yang datang 52 unit, berangkat 59 unit.Total seluruh pesawat 111 unit.

Dari segi fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara Internasional Kualanamu mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar, yakni Airbus A380 dan pesawat sejenisnya.

Bandara Internasional Kualanamu juga mampu menampung 35 pergerakan pesawat per jam.

Baca juga: Angkutan Natal-Tahun Baru secara nasional cukup baik, kata Menhub
Baca juga: Menhub minta pemanfaatan jalur layang KA Sumut dioptimalkan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020