Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mengerahkan alat berat untuk membantu mengangkut eceng gondok yang berada di kali pintu air poris wilayah Batuceper dan berimbas pada luapan ke pemukiman warga.

Camat Batuceper Nur Hidayatullah di Tangerang Rabu menuturkan, eceng gondok yang menumpuk di kali menyebabkan aliran menjadi tersendat.

Sementara itu, debit air yang mengalir di Kali wilayah Batuceper mengalami peningkatan seiring hujan deras yang terjadi sejak malam pergantian tahun.

Saat ini, petugas yang dibantu warga setempat bergotong-royong membantu membersihkan eceng gondok. Alat berat yang dikerahkan bertujuan untuk mempercepat pengangkatan.

Kemudian, sudah ada juga truk kebersihan dan pertamanan yang membantu untuk menampung eceng gondok yang diangkut dari kali. "Kami targetkan aliran menjadi lancar dan tak meluap," ujarnya.

Baca juga: Atasi banjir, Wali Kota Tangerang buka sendiri pintu air

Ia juga menjelaskan, beberapa petugas sudah terjun ke lapangan sejak pagi hari dalam membantu memperlancar aliran air.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang fokus evakuasi warga terdampak banjir

Beberapa wilayah di Kota Tangerang sejak Rabu pukul 05.00 WIB tergenang banjir. Hal ini disebabkan karena kenaikan TMA Batu Belah Cisadane.

Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra menuturkan, evakuasi dilakukan petugas di beberapa lokasi banjir.

"BPBD terus berkoordinasi dengan semua pihak dan bersinergi dalam penanganan banjir serta evakuasi warga ke tempat aman," ujar Irman dalam keterangannya.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang siagakan posko siaga banjir di tiga RW

Kemudian, warga yang membutuhkan informasi dan bantuan dari Pemerintah Kota Tangerang, bisa menghubungi layanan 112 atau posko BPBD Kota Tangerang dengan nomor telepon 021-5582144.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020