Jakarta (ANTARA) - Langkah produsen kendaraan roda dua dalam meluncurkan sepeda motor bergaya retro turut mempengaruhi tren modifikasi pada 2020 yang diprediksi tetap mempertahankan gaya retro namun dipoles nuansa futurustik.

Builder rumah modifikasi Katros Garrage, Andy Akbar mengatakan kehadiran motor berdesain retro, misalnya Kawasaki W 175 dan Yamaha XSR 155, memancing hasrat pemiliknya untuk melakukan modifikasi.

"2020 itu lebih banyak futuristik tapi masih berbau klasik juga, contohnya kayak motor yang dibuat sama Smoke Garage yang lebih futurisktik. Nah, 2020 akan lebih banyak modern custom yang begitu," kata Andy Akbar kepada Antara, Selasa.

Pria yang akrab disapa Atenk itu mengatakan ada perubahan jenis motor yang dipakai. Jika pada tahun lalu lebih banyak menggunakan sepeda motor keluaran 2000-an -- misalnya Yamaha Scorpio -- maka pada 2020 akan memakai motor baru, misalnya W 175 atau XRS 155.

"Kalau untuk kelas modif yang tidak sampai potong sasis, di kota besar sekarang orang akan larinya bukan ke Yamaha Scorpio lagi, tapi ke W 175 atau XSR 155," ungkap dia.
Pengunjung mengamati motor modifikasi yang dipamerkan saat mengikuti kontes motor kustom di Denpasar, Bali, Sabtu (28/9/2019). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Baca juga: Yamaha Customaxi tambah dua kategori, libatkan All New XSR 155

Baca juga: Intersport Bekasi 2019 suguhkan ketatnya modifikasi "street racing"


"Tapi kalau udah custom culture banget masih main frame rigid terus maen tracker," tambah dia.

Kendati demikian, Atenk mengatakan bahwa modifikasi bergaya chopper akan tetap menjadi tren pada 2020.

Katros Garage yang berlokasi di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, diketahui banyak merancang sepeda motor modifikasi untuk orang-orang penting di Indonesia, salah satunya adalah Presiden Joko Widodo.

Mereka juga menggarap motor listrik bersama Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur (UBL).

Baca juga: Ingin modifikasi motor sendiri? Simak persiapannya!

Baca juga: Modifikasi motor "Kedux Garage" borong penghargaan "Kustomfest 2019"

Baca juga: "Custom motor" karya pemuda Bandung tembus pasar Internasional
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019