Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (26/12) mulai dari harga emas Antam yang naik sehari setelah Natal hingga larangan ekspor benih lobster.

Berikut rangkuman berita pilihan yang masih menarik untuk dibaca.

1. Harga emas Antam naik setelah Natal

Harga emas Antam setelah hari Natal, pada Kamis yang dipantau Antara di Jakarta melalui laman Logam Mulia tercatat melambung atau naik Rp6.000 menuju ke angka Rp758.000 per gram.

Sedangkan harga jual atau pembelian kembali (buy back) emas Antam naik tipis Rp8.000 tercatat di angka Rp673.000 per gram.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Pemenang proyek KPBU pengembangan Bandara Komodo

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan konsorsium pemenang proyek pengembangan Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemenang yang berhak mengelola bandara tersebut selama 25 tahun.

Berita selengkapnya klik di sini

3. INACA dorong harga avtur merata

Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) mendorong adanya pemerataan harga bahan bakar pesawat udara atau avtur di seluruh wilayah Indonesia yang diharapkan dapat menekan harga tiket pesawat.

"Ada disparitas harga di Indonesia Timur sampai Rp3.000. Ini akan jadi kajian bagaimana caranya menghadirkan avtur supaya lebih kompetitif," kata Ketua Umum INACA Denon B. Prawiraatmadja di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

4. RI-Jepang perpanjang kerja sama infrastruktur

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Jepang yang diwakili oleh Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) sepakat menandatangani perpanjangan kesepakatan kerja sama (Memorandum of Cooperation/MoC) on Infrastructure Development Cooperation yang berakhir pada 29 Desember 2019.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Menteri MLIT Akaba Kazuyoshi di Gedung Kementerian PUPR, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Menteri Edhy setuju larangan ekspor benih lobster

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo setuju pemberlakuan larangan ekspor benih lobster tetap diberlakukan sembari meminta para nelayan untuk kembali menggiatkan pembudidayaan lobster.

Hal ini dikatakan Edhy Prabowo saat meninjau dan berdialog dengan para nelayan di pusat budidaya lobster dan bawal bintang di Teluk Elong Kabupaten Lombok Timur dan Teluk Awang, Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019